12 Bisnis Makanan yang Menjanjikan Untung Besar

Loading...
BISNIS MAKANAN – Ini merupakan kebutuhan pokok paling utama manusia. Semua orang membutuhkan makan agar memiliki energi untuk menjalani kehidupan sehari-hari.
Bisnis makanan bisa dibilang jenis usaha yang tidak ada matinya. Sehingga sangat besar peluang bagi kita untuk mencoba memulai bisnis makanan ini.
Kali ini akan dibahas bisnis makanan apa saja yang menarik untuk dijalankan dan menjanjikan.

Bakso



Bisnis Makanan Bakso
www.kampoengbatikpalbatu.com

Bisnis ini juga tergolong dalam bisnis jangka panjang, sehingga sangat menjanjikan untuk kisaran waktu yang sangat lama. Trend-nya pun tidak pernah turun, bahkan cenderung naik.
Bakso merupakan salah satu makanan favorit di negeri ini. Selain harganya yang terjangkau, juga rasanya yang nikmat. Sehingga tidak aneh jika bakso dinikmati oleh semua kalangan.
Cara pembuatan bakso cukup mudah, ya walaupun sekarang sudah ada mesinnya, namun kamu dapat membuatnya secara manual.
Dengan kenyataan seperti itu, jika kamu ingin memulai bisnis makanan, maka membuka usaha bakso cukup menjanjikan. Karena bakso merupakan panganan yang dapat dinikmati dengan segala kondisi cuaca.
Berapa keuntungan rata-rata yang dihasilkan oleh seorang pedagang bakso? Kira-kira sekitar 50 mangkok bakso perharinya terjual oleh seorang pedagang bakso. Harganya pun tergolong murah, sekitar Rp 3.000 sampai 4.000 pada bakso keliling. Jika dihitung, omset yang bisa didapat sekitar Rp 150.00.
Jika untung per mangkok diambil sekitar Rp 1.000, si penjual bisa mendapatkan untung sekitar Rp 50.000.
Perlu diingat, karena bisnis makanan ini begitu menjanjikan, maka persaingannya akan sangat ketat. Jadi diperlukan kreativitas agar bisnis kita memiliki nilai lebih dibandingkan dengan bisnis orang lain.
Buatlah warung bakso dengan nilai jual yang berbeda dan unik, sehingga dapat menarik banyak pelanggan. Jika kita lihat di Indonesia, sudah banyak yang mencoba berjualan bakso dengan keunikan, ciri khas dan keunggulan tersendiri. Banyak juga dari mereka yang sukses dengan strategi mereka tersebut.
Para konsumen tak hanya mencari rasa dan kebutuhan untuk mengisi perut, tapi juga atmosfir yang berbeda dari lainnya. Perlu dipertimbangkan pula dalam memilih lokasi dan desain tempat usaha yang strategis, serta bisa membuat betah para pengunjung.
Tak jarang dari para pengusaha bakso menggunakan tempat dekat dengan alam seperti sawah, sungai yang bersih, atau pantai. Atau tempat dengan jangkauan yang mudah seperti mall, ruko, cafe dll. Perhatikan juga desain interiornya, agar sesuai dengan target pasar.
Jika kamu ingin masuk ke dunia usaha bakso, lakukanlah survey makanan terlebih dahulu. Lihatlah potensi pasar dan tingkat kepadatan persaingan. Perhatikan apa nilai jual para pesaing, agar kita bisa menentukan nilai jual kita sendiri juga.
Jika pesaing penjual bakso sudah begitu banyak, kenapa tidak mencoba level yang lebih tinggi? Cobalah menjadi penyuplai daging bakso. Dengan begitu yang akan kamu butuhkan adalah mesin pembuat bulatan daging bakso. Ingat, di level ini, kamu harus lebih profesional.
Pintar-pintarlah dalam mencari dan menjalin hubungan dengan para pelanggan.
Bahkan dalam soal branding pun, kita harus kreatif. Buatlah branding yang unik dan benar-benar menggambarkan usahamu.
Branding sangatlah penting karena memberikan identitas pada produk, yang membuat para pelanggan mudah ingat dengan produk kita. Buatlah branding yang sederhana dan mudah diingat oleh banyak orang.
Mari kita belajar kepada Bakmi Japos. Kini Bakmi Japos telah beromset hingga milyaran rupiah pertahun. Bagaimana bisa? Karena Bakmi Japos telah membuka banyak cabang yang tersebar di berbagai penjuru Indonesia.
Selain cabang, ia juga membuka waralaba, yang dapat mempercepat pertumbuhan. Waralaba akan meringankan pemiliknya, karena pengelolaan sudah dilakukan oleh para pembeli waralaba tersebut.
Membuka cabang juga berarti membutuhkan investasi. Akan tetapi dapat teratasi dengan adanya pemodal, yang tentunya harus dicari terlebih dahulu. Bisa juga dengan waralaba, walaupun untungnya lebih kecil kamu tidak perlu mengeluarkan modal sepeserpun. Bahkan uang akan terus mengalir.

Warung Nasi Mobile



Bisnis Makanan warung nasi mobil
mazprie82galerykuliner.blogspot.com

Mungkin kamu merasa asing dengan istilah ini. Warung nasi mobileartinya warung nasi yang dapat berpindah-pindah. Sehingga bisnis makanan ini membutuhkan alat transportasi sebuah mobil yang dimodifikasi secara khusus agar berjualan nasinya bisa pindah-pindah.
Jenis bisnis makanan yang satu ini sangatlah populer di Amerika Serikat, yang seringkali memanfaatkan mobil Van untuk dimodifikasi menjadi stand makanan.
Memang bisnis yang satu ini membutuhkan modal yang cukup besar. Tapi jika melihat sasaran yang kita tuju yaitu lingkungan pabrik, pinggir jalan yang strategis atau pun daerah perkantoran, maka hasilnya akan sebanding.
Perhatikan juga, apakah tempat yang kamu pilih diizinkan untuk membuka usaha atau tidak. Kamu juga bisa minta izin dengan pemilik ruko, minimarket dan toko untuk menggunakan sebagian lahan mereka untuk berjualan, seperti yang biasa kita lihat di depan minimarket Indomaret dan Alfamaret.
Tak perlu kendaraan yang mahal-mahal, cukup dengan satu unit mobil pick-up dalam kondisi prima, dan sedikit modifikasi dengan menempatkan warung di atas bak-nya. Soal modifikasi juga harus ekstra hati-hati.
Jangan sampai ukurannya terlalu tinggi atau terlalu lebar, atau kamu akan menanggung akibatnya di perjalanan nanti. Pastikan warung benar-benar ‘merekat’ di atas bak, jadi tidak mudah tergeser-geser ketika di perjalanan yang sarat dengan kecepatan nanti.
Soal jualan nasi, selain harus tahu tempatnya, juga harus tahu waktu strategisnya. Jenis nasi yang kamu jual juga mempengaruhi waktu strategis jualanmu.
Jika nasi bubur atau ketoprak yang dijual, pagi adalah waktu yang tepat. Karena di waktu itu orang-orang, khususnya para mahasiswa, masyarakat yang sedang berolahraga dan bekerja sedang keluar dari rumahnya. Banyak dari mereka yang mencari makan sambil beraktifitas.
Jika nasi goreng yang kamu jual, malam adalah waktu yang pas. Di waktu ini banyak masyarakat yang keluar dari yang sekadar bersantai, atau pulang dari sekolah dan kerja. Carilah tempat di pinggir jalan yang cukup luas untuk para pelanggan, dan tidak menghalangi jalan itu sendiri.
Selain nasi bubur, ketoprak dan angkringan, kenapa tidak coba buka angkringan? Jenis warung khas Yogyakarta ini selain menjual nasi juga menjual lauk-pauk terkenal hingga yang khas dari kota pelajar ini. Usaha angkringan termasuk populer di mata masyarakat, dan mulai banyak yang mencoba untuk membuka usaha ini.
Sebelum pesaing terlalu banyak, kenapa tidak mencoba membuka angkringan mobile saja? Walaupun secara teknis angkringan adalah mobile (karena menggunakan gerobak), akan lebih efektif nantinya jika menggunakan mobil pickup. Jadi bisa menjangkau tempat-tempat strategis dengan mudah dan cepat. Baca strategi pemasaran.
Seperti bakso, kamu juga harus membuat branding yang benar-benar menggambarkan produk yang kamu jual. Buatlah nama dan logo yang mudah dieja dan diingat oleh banyak masyarakat.
Jangan lupa dengan penempatan brandingnya. Karena jenis usaha yang akan kamu jalani adalah bisnis makanan “jalanan”, buatlah logo dan nama yang benar-benar mencerminkan hal itu.
Ingin buka cabang? Bisa. Kamu tetap harus kreatif dalam mencari dan menjalin hubungan dengan banyak orang, dan memperbagus skill kharismamu untuk mengajak banyak orang untuk bergabung. Ingat, usaha ini memang kelihatan sepele, tapi tetap perlu manajemen yang bagus. Apalagi kalau sudah bisa membuka cabang di pinggir jalanan-jalanan lainnya.
Kalau pesaing sudah banyak, gimana dong?
Nah, kamu harus lebih kreatif lagi jika menghadapi situasi ini. Bisa dengan membuat nasi dengan berbagai rasa yang unik dan lebih nikmat, atau menggantinya dengan produk-produk nasi alternatif lainnya.
Masih banyak kok jenis-jenis masakan nasi lainnya yang populer di mata masyarakat. Perhatikan trend dan persaingan yang ada. Begitu ada kesempatan? Sikat!

Waralaba Makanan



Bisnis Makanan franchise
www.visualvisitor.com

Kamu bisa menjadikan ide waralaba makanan yang sudah ada untuk membuka usaha yang cocok dengan permodalan yang kamu miliki. Para pemilik bisnis franchise banyak yang menawarkan waralaba makanan dan minuman ringan. Namun kamu jangan mudah tergiur dengan hasil yang besar.
Jika berminat dengan bisnis waralaba tersebut, maka pilihlah yang sudah beroperasi lebih dari 5 tahun. Karena bisnis waralaba yang sudah beroperasi lebih dari lima tahun telah teruji dapat bertahan di tengah ketatnya persaingan.
Nah, keuntungan bekerja sama dengan waralaba makanan yang sudah berdiri lebih dari 5 tahun, biasanya mereka sudah memiliki jaringan yang sangat luas dan kuat, juga merek sudah menyebar dimana-mana. Apalagi sudah banyak digemari oleh para konsumen di seluruh dunia.
Namun sebagai imbalannya, pihak franchise harus membayar waralaba dalam jumlah yang cukup besar, itupun belum termasuk fee bulanan dari keuntungan yang kamu dapat.
Bisnis waralaba makanan yang besar contohnya seperti McDonald, KFC, A & W, Pizza Hut dan lain-lain. Sedangkan bagi pewaralaba dengan modal yang sangat terbatas bisa bekerjasama dengan waralaba yang menawarkan paket yang lebih bersaing harganya.
Namun, kekurangannya adalah biasanya mereka belum memiliki jaringan yang kuat dan merekanya belum dikenal luas di masyarakat. Disinilah kekurangan dari waralaba ini.
Jika kamu tidak suka denga resiko yang terlalu tinggi dan kurang dalam berjiwa bisnis, pilihlah bisnis waralaba makanan yang sudah lama berjalan. Seperti yang dikatakan di atas tadi, setidaknya sudah berdiri lima tahun dan memiliki sistem yang kuat.
Misalnya waralaba makanan yang memiliki banyak cabang dan manajemen bagus, serta bermodal besar. Maka bisnis waralaba makanan yang masih baru dan belum cukup teruji menghadapi siklus roda bisnis. Sehingga bila kondisi usaha lagi naik turun, kamu tetap akan dapat menjalankan waralaba makanan dengan baik.
Apa yang Harus Kamu Lakukan Dalam Beberbisnis Waralaba Makanan?
Jika berminat untuk berbisnis waralaba makanan, maka kamu harus memiliki hasrat untuk menjual makanan yang kamu inginkan, itulah yang menjadi modal yang terpenting dalam usaha bisnis. Dalam berbisnis retail (perdagangan eceran), pasti juga harus menyukai bidang yang akan digeluti tersebut.
Tak ada salahnya mengecek usaha terwaralaba makanan yang kamu inginkan ke orang yang sudah lebih dulu menjadi pengusaha makanan, baik yang masih berjualan atau tidak sekalipun.
Tanyalah pendapat mereka dahulu, meskipun satu sama lain belum tentu punya kepuasan yang sama, setidaknya kamu bisa mendapatkan gambaran yang lebih jelas, tentang bisnis waralaba makanan yang akan kamu geluti tersebut.
Hal ini sangat penting bagi kamu, karena bisa memperoleh masukan yang akan menjadi faktor yang penting bagi kamu dalam mengembangkan bisnis waralaba makanan di suatu hari nanti.
Untuk memulainya, sebaiknya kamu harus meneliti lebih dahulu hak cipta waralaba makanan milik terwaralaba yang sudah kamu incar untuk dibeli.
Jangan sampai hak cipta yang diklaim oleh pemilik bisnis waralaba makanan tersebut ternyata milik pihak lain, yang akhirnya bisa bermasalah yang berakibat fatal dikemudian.
Sebelum memutuskan, akan lebih baik lagi kamu periksa kondisi keuangan terwaralaba. Jika perlu, minta bantuan akuntan publik atau pakar keuangan untuk membaca dan memeriksa laporan keuangan milik terwaralaba.
Kamu harus berhati-hati juga, bila terwaralaba meminta seluruh modal harus disetorkan di muka atau cash. Cari penyebabnya, bukan tidak mungkin kondisi keuangan terwaralaba tidak bagus.
Terlebih lagi, banyak kasus terwaralaba yang muncul, meminta modal di muka hanya sekedar ingin menarik initial fee (biaya yang diperlukan untuk memulai dalam berbisnis) dari pewaralaba, lalu mereka kabur. Sebaiknya, cari terwalaba yang pembarannya fleksibel, yang pembayarannya bisa dilakukan bertahap atau bisa dicicil.
Memilih terwaralaba makanan yang sudah mapan, akan lebih jelas menjamin kesinambungan berbisnis waralaba makanan kamu dimasa yang akan datang.
Baik apakah itu terwaralaba adalah merek lokal atau merek luar, kemampuan dari bisnis waralaba makanan tersebut dalam menyerap atau mempertahankan pangsa pasar akan menjadi faktor yang paling diperhitungkan para franchise dalam memilih waralaba makanan.

Jualan Bubur Kacang Hijau



Bisnis Makanan Burjo
haney-moon.blogspot.com

Bubur kacang hijau merupakan makanan lezat yang bisa dinikmati dalam keadaan panas atau dingin. Kandungan gizi yang komplit, sehingga bisa dikonsumsi oleh anak-anak hingga orang dewasa. Jika kamu ingin memulai bisnis ini, kamu dapat membuatnya sendiri, karena sangat mudah.
Memulai bisnis makanan ini juga tidak membutuhkan modal besar. Kamu bisa memulai berjualan bubur kacang hijau di sekitar sekolah, kampus, pabrik atau di pinggir jalan yang ramai dilalui.
Makanan seperti ini juga dapat disjikan dalam keadaan hangat atau dingin dengan tambahan es serut dan sirup. Target dalam bisnis bubur adalah para penggemar kuliner. Selain itu harga bubur kacang hijau bisa dijangkau oleh semua lapisan masyarakat.
Untuk memasarkan usaha tersebut, kamu bisa memasang spanduk di sekeliling lokasi usaha. Spanduk dengan warna dasar putih dan tulisan berwarna merah ditambah cahaya lampu yang terang, akan menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen yang melalui lokasi usaha kamu.
Bisnis bubur kacang hijau adalah bisnis yang tidak pernah mati, sebab ramai dicari oleh para konsumen.
Seperti bubur es kacang hijau Madura misalnya, bubur ini mempunyai banyak cabang sampai luar kota seperti Jogja, Kediri dan luar kota. Minat masyarakat ini tidak akan pernah habis, karena selain murah dan pemasaran bisnisnnya pun dapat dibilang sangat mudah.
Karena konsumen tidak akan ragu lagi memilih menu bubur kacang hijau, yang dapat terjangkau oleh semua kalangan. Sayangnya, menu seperti ini tidak akan bertahan lama jika menggunakan bahan tambahan seperti santan. Oleh karena itu, jika ingin bubur tidak cepat busuk maka kompor harus selalu menyala, agr bubur tetap hangat. Sebaiknya perkirakan dulu jumlah produksi setiap harinya, agar tidak menyisakan bubur terlalu banyak.
Agar usaha es bubur kacang hijau kamu berhasil, maka lokasi usaha yang dipilih harus strategis. Oleh karena itu, usahakan untuk memilih lokasi yang dekat dengan kost-kostan atau dekat dengan kampus. Biasanya, para mahasiswa akan memilih bubur kacang ijo sebagai tempat makan mereka.
Agar para konsumen senang dan kembali lagi ke warung bubur kamu, maka kualitas dan rasa bubur harus tetap dijaga.

Usaha Roti Bakar



Bisnis Makanan Roti Bakar
streetfood.co.id

Ide kreatif bisnis makanan lainnya yang dapat kamu coba yaitu usaha roti bakar. Bisnis yang satu ini sudah banyak digeluti, sehingga persaingannya cukup ketat. Namun, kamu tidak perlu pesimis. Jika kamu menambahkan sesuatu yang unik, maka usaha roti bakar kamu akan sukses laku di pasaran.
Apabila kamu baru mempunyai modal yang pas-pasan, kamu bisa memulai berjualan roti bakar di taman, pinggir jalan atau tempat yang ramai dikunjungi.
Dalam merencanakan peluang usaha roti bakar, terdapat beberapa tips yang seharusnya kamu perhatikan agar angka penjualanmu semakin meroket secara otomatis. Sehingga keuntungan yang akan kamu peroleh menjadi lebih besar.
  1. Pemilihan Lokasi Strategis; Pemilihan lokasi yang strategis merupakan faktor utama yang menentukan titik kesuksesan dari usaha roti bakar. Namun jika dilihat kondisinya saat ini, nampakya roti bakar masih belum begitu populer di sekitar kita, khususnya di beberapa daerah pedesaan terpencil. Maka dari itu, ngga ada salahnya jika kamu melakukan semacam survey kecil-kecil dalam menentukan lokasi usaha roti bakar terlebih dahulu.
  2. Be Unique ! Selain pemilihan lokasi yang strategis, menjadi lebih unik atau berbeda dari yang lainnya tentu sangatlah penting. Hal ini bertujuan agar usaha roti bakar yang kamu buat menjadi lebih terkenal dan ikonik di kalangan masyarakat. Beberapa keunikan yang bisa kamu tambahkan dalam usaha roti bakarmu yakni mulai dari dekorasi, cita rasa atau bisa jadi pelayanan terhadap konsumennya yang unik. Jika trik ini berhasil kamu terapkan, dijamin kamu pasti akan merasakan banyaknya para konsumen yang datang ke tempat usaha roti bakarmu.
  3. Pelayanan Terhadap Konsumen; Kepuasan konsumen merupakan hal terpenting yang harus benar-benar kamu jaga. Jangan pernah sepelehkan pelangganmu, berikan senyuman manis kepada mereka dan jangan lupa juga untuk berterimakasih atas kunjungannya.
Dengan melakukan tiga trik diatas, besar kemungkinan usaha roti bakarmu akan berjalan dengan baik dan sukses.

Membuka Kedai Kopi



Bisnis Makanan Kedai Kopi
primamoklet.wordpress.com

Kopi merupakan salah satu minuman favorit sebagian besar orang. Baik laki-laki maupun perempuan, remaja hingga dewasa, suka minum kopi. Terlebih lagi mereka yang suka begadang, kopi merupakan teman setianya.
Saat ini kopi sudah berkembang, cara penyajiannya pun beraneka ragam.Untuk memulai bisnis ini, tidak perlu membutuhkan modal yang besar. Namun tentu saja itu tergantung seberapa besar usaha yang akan kamu jalani.
Selain kopi, kamu juga dapat menambahkan menu lainnya, seperti roti bakar, mie goreng atau makanan lainnya. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan omset penjualan usaha kedai kopi.
  1. Pemilihan Tempat yang Strategis; Dan lagi – lagi pemilihan tempat menjadi faktor utama dalam keberhasilan suatu usaha. Dengan lokasi yang strategis dan dapat dijangkau, bisa jadi kedai kopi akan ramai dikunjungi oleh para konsumen. Usahakan untuk membuka usaha kedai kopi di pinggir jalan atau di beberapa tempat umum yang ramai, seperti mall, alun-alun atau taman kota. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan kedai kopi agar para konsumen betah di dalamnya.
  2. Strategi Usaha; Sebelum membuka usaha kedaikopi, ada baiknya jika kita menentukan terlebih dahulu apa saja strategi usaha yang harus kita lakukan dalam mendongkrak angka penjualan. Usahakan untuk memilih strategi yang membuat pengunjung betah di dalam usaha kedai kopimu. Pastikan kopi yang kamu sajikan terlihat menarik dan tentunya enak.
  3. Berikan Fasilitas Tambahan; Agar para konsumen dapat berlama-lama di dalam area kedai kopimu, memberikan berbagai fasilitas tambahan sepertinya wajib untuk kamu penuhi. Beberapa fasilitas tambahan itu diantaranya adalah televisi, radio atau jaringan wi-fi. Jika beberapa fasilitas tambahan tersebut sudah terpenuhi, dapat dipastikan konsumen akan betah berada di kedai kopimu.
  4. Promosi; Usahakan untuk membuat target secara spesifik terlebih dahulu mengenai arah pasar yang akan dituju. Seperti membuka kedai kopi di depan kampus misalnya, dengan kata lain berarti target arah pasar yang kita tuju adalah para mahasiswa. Salah satu strategi yang bisa kamu terapkan dalam usaha kedai kopi yakni memberikan harga yang terjangkau namun setelah banyak pembeli naikkan harga sedikit demi sedikit agar para konsumen tidak kabur.
  5. Berikan Pelayanan Prima; Cara terakhir yang wajib kamu lakukan agar angka penjualanmu kian meroket yakni memberi dan menjaga kualitas pelayanan prima kepada para konsumen. Karena pada hakikatnya konsumen adalah raja. Contoh paling mudah yang bisa kamu terapkan yakni memberikan 3S (Sopan, Senyum dan Sapa). Jika hal tersebut kamu praktekkan, pastinya keakraban akan terjalin di antara konsumen dan penjual.

Bisnis Keripik Buah



Bisnis Makanan Keripik Buah
grosirkeripikbuah.blogspot.com

Indonesia merupakan Negara yang kaya akan sumber alam dari jenis buah-buahan tropis dan berbagai macam sayuran sangat mudah untuk dijumpai di hampir seluruh plosok negeri. Berbagai jenis dan varietas unggul buah-buahan asli indonseia jika diolah dan dikembangkan secara baik akan menjadi komoditas yang mempunyai daya saing tinggi serta menjadi primadona ekport komoditas sector pertanian.
Salah satu upaya untuk meningkatkan value pada sebuah produk buah-buahan asli Indonesia yaitu dengan cara mengembangkan pengolahan buah segar menjadi aneka jenis makanan olahan dengan memperluas segmen pasar hasil komoditas pertanian buah.

Bisnis Keripik Buah

Bisnis keripik buah adalah makanan olahan yang berasal dari buah segar sebagai bahan utama dalam pembuatanya yang diolah menjadi makanan ringan. Saat ini bisnis keripik buah ini cukup bagus perkembangan pasarnya.
Camilan yang dibuat dari bahan dasar alami serta mempunyai manfaat nutrisi yang menyehatkan ini, mulai banyak dicari oleh konsumen. Selain dari rasanya yang nikmat, camilan ini juga mempunyai manfaat bagi kesehatan bagi yang mengkonsumsinya. Hal ini tentunya menjadi nilai tambah bagi produk olahan buah ini.
Pengolahan buah menjadi keripik camilan memang salah satu solusi yang cukup efektif dalam penanganan setelah panen buah dari berbagai petani.
Oleh karena itu ketika musim panen buah tiba, maka hasil panen bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh para pelaku bisnis keripik buah dan beberapa bidang usaha pengolahanan makanan. Hal ini juga bisa bermanfaat dalam menstabilkan harga produk buah dipasaran ketika panen tiba.

Alasan Bisnis Keripik Buah Sangat Menjanjikan

Bahan utama yang digunakan dalam pengolahan keripik buah sangat mudah didapatkan di Indonesia. Apalagi ketika musim panen tiba, bisa dipastikan jumlahnya sangat melimpah dan harganya juga cukup terjangkau.
Sehingga kontinuitas bisnis keripik buah dalam memenuhi kebutuhan pasar sangat baik.
Keripik buaha adalah makanan ringat yang mengandung nutrisi di dalamnya tanpa ada bahan kimia, sehingga akan memberikan nilai tambah di mata konsumen untuk membeli produk ini.
Bisnis keripik buah cukup mudah dijalankan, dengan adanya teknologi yang semakin maju pada jaman sekarang ini, terlebih setelah ditemukanya alat pengerin makanan melalui vakum (vkum vrying) sehingga akan mempermuda para pengusaha bisnis keripik buah ini.
Cara pengolahan buah menjadi keripik sebenarnya juga tidaklah terlalu sulit. Semua informasi tentang pembelajaran di bidang produksi keripik buah sangat mudah untuk didapatkan.
Terlebih saat ini beberapa instansi pemerintahan membuka kelas pembinaan bagi UMKM yang ingin membuka bisnis keripik buah.
Dalam proses pengolahan keripik buah relative cepat karena pada dasarnya buah segar yang telah dipilih dan diiris kemudian digoreng hingga kering lalu dikemas.
Harga jualnya juga cukup menjanjikan, karena kompetisi di bidang ini belum terlalu padat. Keaneka ragaman buah yang ada di Indonesia akan memperkaya jenis-jenis keripik yang akan dijajakan di pasaran.
Buah-buah yang mempunyai potensi tinggi untuk diolah memjadi keripik buah di antaranya buah salak, apel, mangga, nangka, rambutan, papaya, pisang, melon, jambu, semangka, nanas, kelengkeng belimbing dan buah jenis lainya.
Produk buah-buahan Indonesia cukup diminati oleh wisatawan asing, hal ini tentunya akan mempunyai potensi untuk membuka peluang ekspor produk keripik buah ke luar negri.
Ditambah lagi pertumbuhan bisnis e-commerce yang semakin baik dan terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun akan mengindikasikan adanya potensi pasar yang cukup menjanjikan bagi bisnis keripik buah untuk memasarkan produk keripik buah secara lebih luas.

Bisnis Es Pisang Ijo



Bisnis Makanan Es Pisang Ijo
satujam.com

Bisnis es pisang ijo – Pisang ijo atau es pisang ijo ini merupakan makanan khas dari kota Makassar, Sulawesi Selatan. Bahan dasar dari es pisang ijo ini adalah pisang yang kemudian di selimuti tepung yang sudah di warnai hiijau, dan di caampur dengan es, susu, keju, sirup dan bahan lainya.
Peroses dari pemasakan pisang ijo ini adalah dengan cara di kukus pada dangdang atau panic. Dan tepung hijau yang digunakan untuk menyelimuti pisang terbuat dari tepung dan pewarna makanan seperti daun suji, pandan atau pewarna lainnya. Untuk pewarna tepung alangkah lebih baik jika menggunakan pewarna alami sepeti daunsuji atau pandan, sebab selain sebagai pewarna bisa menjadi pengharum makan.
Jika kamu belum bisa untuk membuatnya sendiri, kamu bisa membelinya di pedagang kaki lima yang menjual es pisang ijo yang tentunya harganya bersahabat. Es pisang ijo sangat cocok jika di nikmati ketika cuaca sedang panas sendiri ataupun bersama keluarga.
Bahan Baku Untuk Membuat Es Pisang Ijo
Seperti namanya, Es pisang ijo terbuat dari bahan pisang raja, sebab pisang raja merupakan pisang yang bagus untuk kita jadikan bahan baku pembuatan es pisang ijo. Pisang raja bisa kita beli di pasar-pasar tradisional dengan harga sekitar Rp. 55.000 hingga Rp. 65.000/tandan.
Bahan baku lainya dalam pembuatan es pisang ijo adalah gula, santan tepung beras,daun suji atau daun pandan apabilatidak memungkinkan menggunakan pewarna alami ini maka bisa menggunakan pewarna makanan yang kualitasnya terbaik dan terjamin.
Tempat Bisnis Es Pisang Ijo
Tempat untuk memulai bisnis es pisang ijo ini menetukan akan suksesnya (laris) dalam Bisnis es pisang ijo. Dalam melakukan pencarian lokasi biasanya lebih bagus berada di tempat-tempat umu yang ramai seperti pusat perbelanjaan, tempat rekreasi atau wisata, kawasan sekola atau kampus dan tempat ramai lainya.
Untuk menjual es pisang ijo ini bisa membuat kedai es pisang atau menggunakan etalase dan biasanya di kenakan biaya pangkal kurang lebih Rp. 350.000 hingga Rp. 450.000/ bulannya. Untuk ditempat seperti pusat belanja akan memakan biaya yang lebih besar yaitu kisaran Rp. 1.000.000/bulan.
Harga Es Pisang Ijo Perporsinya
Harga satu porsi es pisang ijo biasanya dijual kisaran Rp. 4.500 sampai dengan Rp. 5.000, dan biasanya jika kita menjualnya di tempat seperti pusat belanja atau mall maka harganya bisa mencapai dua kali lipa dari harga biasanya.
Karyawan
Untuk permulaan dalam bisnis es pisang ijo ini, alangkah lebih baiknya jika kamu mengerjakannya sendiri terlebih dahulu. Sebab akan berresiko jika langsung merekrut kariawan pada awal mulai bisnis kita. Jika bisnis ini sudah berjalan dan sudah naik perkembangannya, barulah kita boleh merekrut kariawan untuk membantu dalam melayani peanggan dan mengembangkannya lagi. Akan tetapi kariawan tidak boleh sampai mengetahui rahasia penting dan dokumen penting dalam menjalani bisnis es pisang ijo milik kamu, karena bisa jadi dia akan mudah membohongi kamu.
Resiko dan Promosi Bisnis Es Pisang Ijo
Dalam berbisnis pasti kita akan mendapati ada resiko sebab jika masih baru para pembeli es pisang ijo kamu masih sedikit dan belum tterkenal. Oleh karena itu maka dibutuhkan promosi dari bisnis es pisang ijo, dengan cara memasang spanduk serta tulisan menari kan hal lainnya agar pembeli tertarik untuk membeli es pisang ijo milik kamu.
Selain dengan mempromosikan lewat spanduk dan membuat menarik, kamu juga bisa mempromosikan es pisang ijo kamu lewat brosur yang di sebarkan atau mungkin bisa disebarkan lewat online seperti facebook dan media lainya.
Itulah beberapa trik yang harus kamu lakukan dalam memulai bisnis es pisang ijo yang semoga bermanfaat dan bisa membantu kamu dalam menjalankan bisnis es pisang ijo. Semoga sukses.

Bisnis Sate



Bisnis Makanan sate
satujam.com

Bisnis Sate – Sate merupakan salah satu makanan atau kuliner tradisional Indonesia yang pastinya sudah banyak diketahui oleh masyarakat luas. Sate merupakan suatu makanan atau kuliner khas yang terbuat dari potongan daging yang ditusuk menggunakan tusukan sate, kemudian diberi bumbu dan dimasak dengan cara dibakar. Sate yang paling terkenal adalah sate Madura.
Biasanya, sate terbuat dari bahan baku daging hewan contohnya seperti daging sapi, ayam atau kambing. Akan tetapi sekarang ini sate sudah dapat dibuat dengan menggunakan bahan dasar daging apa saja, seperti sate cumi, sate kerang, sate burung puyuh, bahkan sate jamur. Sate memiliki potensi dan prospek yang bagus untuk dijadikan pilihan bisnia Anda.
Peluang Bisnis Sate
Bisnis sate bisa diawali dengan modal kecil dan dapat dijadikan usaha rumahan ataupun bisnis sampingan. Bisnis sate juga tidak perlu menyewa tempat yang mahal, tapi yang penting adalah strategis dan mudah dijangkau.
Sate merupakan salah satu jenis makanan yang paling disukai mulai dari anak kecil, remaja hingga dewasa. Sate merupakan salah satu makanan yang harganya cukup terjangkau, sehingga dapat menjangkau semua kalangan.
Populasi di Indonesia yang meningkat hingga mencapai angka 240 juta manusia merupakan potensi pasar yang sangat besar. Peluang bisnis jualan sate pun dapat menjadi salah satu pilihan potensi usaha yang menjadi menjanjikan.
Sebenarnya, untuk mengawali bisnis sate sangat mudah. Hal pertama hal harus dilakukan adalah memilih jenis sate apa yang akan dijual. Jenis sate yang umum di jual adalah sate kambing dan sate ayam, namun Anda juga bisa menjual jenis sate lain seperti sate kelinci. Anda juga bisa menjual beberapa varian sate agar usaha semakin laris manis.
Modal usaha yang di butuhkan untuk berjualan sate antara lain gerobak sate, tusuk, bahan baku daging (kambing atau ayam), bumbu sate, kertas pembungkus sate, kecap dan lain sebagainya. Bisnis sate pasti mempunyai banyak sekali pesaing yang sama-sama berjualan sate.
Agar bisnis sate yang akan Anda jalankan bisa sukses, maka butuh strategi-strategi khusus dalam berjualan. Salah satunya, sate yang Anda jual harus mempunyai ciri khas yang mudah diingat oleh pelanggan, dan sate yang Anda jual harus memiliki rasa yang enak dan lezat dibandingkan dengan pesaing Anda.
Ada beberapa strategi lain untuk membuat bisnis sate Anda berkembang dan sukses. Berikut 7 cara aplikatif untuk mengembangkan potensi bisnis sate yang sedang Anda tekuni sekarang ini.
1. Memodifikasi Produk Untuk Mengembangkan Peluang Bisnis Berjualan Sate
Untuk mengembangkan bisnis jualan sate Anda, salah satu yang harus dilakukan yaitu memodifikasi produk sate yang Anda tawarkan. Ingat, memodifikasi produk yang telah ada itu lebih baik ketimbang harus mengeluarkan produk sate baru yang pastinya akan memakan waktu untuk riset dan testing pasar.
2. Membuat Brand Produk yang Unik
Brand produk yang unik akan membuat orang tertarik untuk membelinya. Branding produk yang unik akan memudahkan konsumen untuk mengingat apa yang Anda tawarkan.
Akan lebih bagus lagi bila nama produk yang Anda tawarkan memiliki arti tertentu. Peluang bisnis harus digarap dengan maksimal dengan brand produk yang juga maksimal.
3. Membundling Produk Untuk Meningkatkan Potensi Usaha Berjualan Sate
Apa itu bundling produk? Simplenya adalah Anda akan menjual produk A dan produk B dengan harga paketan. Atau jika telah membeli produk A, maka produk B dapat dibeli dengan harga yang lebih murah.
4. Promosi Menggunakan Social Media
Memakai social media untuk mengembangkan peluang bisnis dapat menjadi alternatif utama di tengah mahalnya biaya iklan di media konvensional. Selain itu, channel social media ini dapat Anda kelola sendiri.
Dengan sosial media, Anda bisa mempromosikan produk sate Anda secara gratis dan langsung menyasar konsumen yang sudah menjadi target Anda.
5. Membuat Iklan yang Unik
Ada yang bilang iklan yang bagus itu adalah iklan yang menjual. Tapi perlu diingat juga, bahwa iklan hanya akan dilihat oleh orang jika iklan yang Anda buat untuk mempromosikan produk sate Anda itu cukup unik. Keunikanlah yang membuat orang mau berhenti selama beberapa waktu untuk melihat iklan jualan sate Anda.
6. Bekerjasama dengan Endorser
Di sosial media, khususnya Instagram sudah banyak warung, brand fashion dan produk kecantikan yang melakukan cara ini. Paling banyak yaitu dari brand fashion dan produk kecantikan yang memanfaatkan endorser di Instagram.
7. Bekerjasama dengan Komunitas
Para ahli mengatakan bahwasanya community marketing bisa menjadi strategi marketing yang ampuh selama beberapa waktu ke depan. Mengingat masyarakat terutama di Indonesia, gemar membuat sebuah komunitas dan melakukan aktivitas bersama.
Melihat hal ini, maka peluang bisnis yang Anda jalankan bisa memanfaatkan momentum ini untuk melakukan kerjasama dengan komunitas itu.
Demikian penjelasan tentang sate dan peluangnya. Bagaimana Anda tertarik untuk memulai usaha sate sekarang?

Bisnis Ayam Kentucky

kentaki
Bisnis ayam goreng tepung atau yang biasa disebut sebagai ayam kentucky ini merupakan salah satu peluang usaha yang menguntungkan. Bagaimana tidak, bisnis ini sudah ada sejak dulu dan masih tetap eksis sampai sekarang. Sebutlah waralaba besar milik asing seperti KFC, McD, A&W dan CFC yang bertebaran dari Sabang sampai Merauke terkhususnya di kota-kota besar.
Selain waralaba besar milik asing, banyak juga franchise milik pengusaha lokal yang namanya sering terdengar, sebut saja Hisana dan Sabana Fried Chicken. Selain itu, masih banyak juga penjual ayam kentucky yang tidak bermerek. Anda bisa menemukan penjual-penjual seperti ini disekitar wilayah sekolah atau pasar.
Tentunya hal ini membuktikan minat konsumen yang besar terhadap ayam kentucky. Jika mereka bisa, mengapa Anda tidak?
Ayam goreng tepung atau ayam kentucky dikenal luas oleh berbagai kalangan, dari anak-anak hingga dewasa. Uniknya lagi, walaupun persaingan kian hari kian ketat, namun waralaba ayam goreng tepung ini terus saja bermunculan tanpa henti.
Bisnis ayam kentucky ini teruslah berkembang. Berbagai varian bahan baku maupun bumbu dan teknik memasak terus bertambah seakan tidak ada habisnya. Mulai dari yang ayamnya berukuran kecil, sampai yang ayamnya berukuran besar. Dari yang menggunakan ayam negeri sampai yang hanya menggunakan ayam organik yang terjamin kesehatannya.
Jika Anda tertarik berbisnis ayam kentucky, sebaiknya Anda mempelajari proses pembuatannya terlebih dahulu. Ayam goreng tepung ini memiliki proses pembuatan yang sedikit berbeda dari ayam goreng lainnya. Simak bahan dan cara pembuatannya berikut ini:
Bahan dan bumbu
  • 1 ekor ayam yang dipotong menjadi 10 bagian
  • 1 sendok teh bubuk bawang putih
  • 1 sendok teh lada halus
  • ¼ sendok teh bubuk cabe merah kering
  • ½ sendok teh garam
  • Minyak goreng
Bahan untuk membuat tepung basah
  • 300 ml air dingin
  • 300 g tepung terigu
  • 40 g tepung maizena
  • 1 butir kuning telur
  • ½ sendok makan susu bubuk
  • ½ sendok teh baking soda
  • ½ sendok teh garam
  • ½ sendok teh lada halus
Bahan untuk membuat tepung kering
  • 400 g tepung terigu berprotein tinggi
  • 100 g tepung maizzena
  • 1 sendok teh kaldu instan rasa ayam
  • 1 sendok teh bubuk bawang putih
  • ¼ sendok teh garam halus
  • ½ sendok teh baking soda

Cara membuat ayam goreng tepung kentucky

Lapisan tepung cair: campurkan tepung maizena, baking powder, tepung terigu, susu bubuk, garam, lada dan penyedap. Aduk perlahan sampai rata. Lalu tambahkan kuning telur dan sedikit air, aduk lagi sampai rata. Simpan adonan yang sudah jadi ini di dalam kulkas.
Lapisan tepung kering: campurkan dan aduk hingga rata semua bahan lapisan tepung kering. Pisahkan ayam, lalu berikan bumbu seperti bawang putih bubuk, garam, cabe merah dan lada yang sudah dipersiapkan sebelumnya.
Aduklah bumbu-bumbu berikut sampai rata lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit supaya bumbu lebih meresap kedalam ayam. Setelah itu, gulingkan ayam tersebut ke tepung bumbu kering sambil di remas-remas. Lalu celup sebanyak kurang lebih 1-2 kali agar ayam terasa lebih nikmat dan gurih. Setelah itu, Anda bisa mulai memanaskan minyak goreng dan menggoreng ayam sampai warnanya kuning kecoklatan. Jika ayam sudah kering, angkat lalu tiriskan.
Ayam yang sudah ditiriskan sudah siap disajikan pada pelanggan. Jangan lupa menyediakan saus sambal dan saus tomat agar ayam kentucky lebih nikmat ketika disantap.

Ayam Bakar



ayam-bakar-spesial
resephariini.blogspot.co.id

Ayam Bakar merupakan salah satu masakan yang sangat terkenal di tanah air kita Indonesia. Bahan baku dalam pembuatan ayam bakar ini adalah ayam yang kemudian tahap terakhir pembuatannya dibakar.
Warung ayam bakar hampir di seluruh Indonesia terdapat tempat penjualan ayam bakar. Selain di tersedia warung-warung sekarang sudah banyak dijumpai seperti di restaurant-restauran yang menyajikan berbagai menu.
Ayam bakar tentunya memiliki rasa yang sangat nikmat dan cocok sekali untuk lidah orang Indonesia. Selain itu ayam bakar jugamengandung gizi yang baik untuk pertumbuhan dan kesehatan terutama pada anak-anak.
Ayam bakar sekarang pun dalam pengolahannya sudah mempunyai berbagai macam rasa yang diantaranya ada rasa ayam bakar manis, pedas, gurih, dll.
Namun tidak semua orang bisa membuat ayam bakar dengan tekstur yang benar-benar enak dan empuk. Tapi ayam bakar bisa menjadi salah satu peluang usaha yang sangat menguntungkan.
Sebelum berjualan ayam bakar, bagi yang belum bisa mengolahnya dengan baik, benar dan enak tentunya belajarlah terlebih dahulu kepada penjual atau pengolah ayam bakar yang sudah termahsyur yang dikenal dengan citarasa ayam bakarnya yang luar biasa enak.
Jika sudah bisa dalam pengolahan ayam bakar yang enak rasanya, empuk dagingnya, selanjutnya Anda pun bisa berinovasi citarasa ayam bakar yang mungkin belum pernah ada sebelumnya.
Olahan-olahan yang menggunakan bahan dasar ayam memang sangat menggiurkan untuk dinikmati. Tentu bagi Anda yang ingin menjalankan usaha ini harus mempunyai ide dan kreativitas citarasa ayam yang akan dijual supaya banyak pembeli yang datang.
Maka dari itu harus pintar-pintar dalam mebuat resep untuk usaha ayam bakar supaya pembeli pun terus datang dan menikmati resep kita sendiri yang enak dan luar biasa.
Mungkin yang masih pemula di bawah ini terdapat resep bagaimana cara membuat ayam bakar yang tentunya banyak orang menyukainya.
Bahan Utama Dalam Pembuatan Ayam Bakar:
  • 1 sendok teh Garam
  • 1 sendok teh Air jeruk nipis
  • 4 sendok makan air asem jawa
  • 8 sendok makan kecap manis
  • 2 sendok makan minyak goreng
  • 1 ekor ayam dipotong menjadi 8 bagian
  • 4 lembar daun salam
  • 5 lembar daun jeruk
  • 2 batang serai, digeprek
  • 2 cm lengkuas, digeprek
  • 250 ml santan diambil dari 1 buah kelapa
Bumbu-bumbu yang perlu dihaluskan:
  • 10 butir bawang merah
  • 7 butir bawang putih
  • 3 buah cabai merah besar
  • 1 cm jahe yang masih segar
  • 1 cm kunyit dibakar
  • 2 cm kencur yang masih segar
  • 1 sendok makan ketumbar, disangrai terlebih dahulu
  • 2 sendok teh jintan, disangrai dulu
  • 2 sendok teh garam
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 3 sendok makan gula jawa, diris-iris
Cara Pengolahan Ayam Bakar:
  1. Cuci ayam yang sudah dipotong-potong sebelumnya.
  2. Setelah di cuci, siram atau lumuri ayam dengan menggunakan air jeruk nipis yang telah disediakan bersamaa garam, diamkan selama 15 menit.
  3. Setelah itu tiriskan ayam sampai kering.
  4. Panaskan minyak goreng secukupnya, kemudian bumbu yang sudah dihaluskan di tumissampai tercium bau harum dari bumbu tersebut.
  5. Setelah itu masukkan ayam beserta serai, daun jeruk, daun salam, dan terkahir lengkuas.
  6. Kemudian masaklah ayam hingga berubah warna menjadi kecoklatan atau setengah matang.
  7. Selanjutnya masukkan air asam jawa dan tambahkan kecap manis di atasnya secukupnya, lalu aduk-aduklah hingga rata sampai ayam menjadi lunak lalu angkat.
  8. Setelah itu proses pemanggangan ayam.
  9. Dalam memanggang ayam, bakarlah hingga warna ayam hampir terlihat gelap atau matang atau bisa sesuai dengan selera Anda masing-masing. Dan pada saat memanggang Anda bisa mengolesinya dengan bumbu-bumbu.
  10. Selamat menikmati Ayam Bakar Spesial.
Nah itulah penjelasan singkat terkait Usaha Ayam Bakar yang bisa menguntungkan bagi Anda yang mungkin ingin usaha Ayam Bakar dengan berbagai citarasa yang enak.

Es Krim

Adakah yang tak menyukai es krim selain orang sakit? Hampir semua orang suka es krim. Serupa dengan cokelat yang juga nyaris digemari semua orang. Kudapan yang manis nan dingin ini sangat digemari anak-anak.
Terlepas dari rasanya yang enak, apakah kamu tahu sejarah, bahan, dan peluang bisnis es krim? Di bagian ini kita akan bahas hal-hal tersebut.
Es krim berasal dari bahasa inggris yaitu ice cream. Kata “ice cream” sendiri memiliki usul, yaitu “iced cream”. Jika diperhatikan katanya, maka iced cream berarti krim yang dibekukan. Memang, pada umumnya bahan baku utama es krim ialah susu. Kemudian susu krim ini dicampur dengan perisa atau buahan-buahan. Selain itu, es krim juga dikombinsasikan dengan pemanis seperti sirup jagung, sukrosa, dan beberapa jenis pemanis lainnya.
Sejarah Es Krim
Sebelum kita melihat dan mengkonsumsi es krim yang seperti sekarang ini, sebenarnyya manusia telah memakan es krim sudah sejak dahulu kala. Tetapi es krim yang dimakan tidak sebagaimana sekarang, melainkan salju yang dicampurkan dengan berbagai jenis makanan pelengkap lainnya. Seperti misalkan, kala abad ke-5 sebelum masehi, Hippocrates merekomendasikan pasiennya untuk mengkonsumsi salju yang dikombinasikan dengan madu serta buah. Di daerah lainnya, yaitu Bangsa Cina, campuran antara nasi dan susu beku digunakan pada abad 200 sebelum masehi.
Perjalanan es krim hingga menjadi es krim yang seperti sekarang ini berjalan dari abad ke-16 sampai 19.
Penyebaran es krim ke seluruh dunia berlangsung pada abad ke-20-an. Yakni ketika kulkas jadi hal yang lebih terjangkau dan lumrah. Saat itu berlangsung ledakan jumlah penjual es krim dengan bermacam-macam jenis dan rasa. Satu di antaranya yaitu Baskin-Robbins, yang kita tahu masih ada sampai sekarang. Baskins sekarang menciptakan 31 variasi es krim. Dan saat ini, mereka mempunyai kurang lebih seribu variasi.
Modernisasi Es Krim
Satu penemuan penting pada es krim terjadi pada abad ke-20, yaitu ditemukannya soft-served ice cream. Soft-served ice cream ialah es krim yang mempunyai lebih banyak udara. Oleh karena itu es krim ini lebih halus jika dibandingkan es krim pada umumya. Es krim ini menjadi pilihan lain selain es krim keras.
Sebelum penemuan freezer modern, es krim cukup susah didapatkan dan langka. Ini karena es krim umumnya cuma bisa diperoleh ketika musim dingin atau di tempat yang benar-benar bersuhu dingin.
Pada abad ke-19 dan awal abad ke-20 pemrosesan es krim dilakukan dengan kulkas-kulkas khusus. Saat ini pengerjaan es telah menggunakan mesin. Mesin es krim umumnya dibagi menjadi dua tipe, yaitu yang digunakan untuk membuat hard-served ice cream dan yang untuk memproduksi soft-served ice cream.
Peluang Bisnis Es Krim
Tidak hanya es krimnya saja yang nikmat. Peluang bisnis es krim juga lezat. Salah satuunya adalah Mirza Akbar. Ia membangun Yogya Ice Cream pada bulan April 2008. Kala itu dia masih berusia dua puluh tahun dan dalam status mahasiswa semester 4. Ketika mulai membangunnya Mirza mendapatkan modal 40,7 juta dari ibu dan bapaknya. Modal itu ia peroleh dengan ganti ia tidak menerima uang saku bulanan lagi sesudahnya. Lalu ia pun memulai bisnis es krim dengan menggunakan tenda yang memakan biaya sewa 300rb rupiah per tahun.
Saat ini Yogya Ice Cream mempunyai tidak kurang 120 freezer yang tersebar di berbagai tempat makan di Yogyakarta. Sehingga Yogya Ice Cream membukukan omset 300jt rupiah per bulan bahkan bisa lebih.
Seperti inilah tentang peluang bisnis es krim. Bila Anda ingin memulai bisnis dan ingin bisnis yang nikmat produk dan peluangnya, maka bisnis es krim ini ialah keputusan yang mantap.
Sumber : https://www.satujam.com/bisnis-makanan/
loading...
Loading...


EmoticonEmoticon