6 Peluang Usaha Ternak yang Potensial Bikin Untung Gede

Loading...
Meski kamu tidak terlahir di keluarga peternak, bukan berarti tak boleh untuk menggeluti bisnis ini. 

Usaha ini terbuka untuk semua kalangan dan potensial membuat untung yang menggiurkan. Memang mungkin usaha ini butuh modal yang lumayan. 
Tapi kalau kamu mau memulainya dari usaha ternak yang kecil, modal yang dibutuhkan pun tidak besar.
Nah, buat kamu yang sedang cari-cari peluang usaha ternak apa yang sebaiknya digeluti, kamu mungkin bisa lirik idenya berikut ini.

Usaha Ternak Lele


Proses Panen Ikan Lele
photobucket.com

Ikan yang satu ini punya pangsa pasar yang bagus di mana-mana. Gampang untuk mendeteksi kebutuhan pasar. Coba lihat saja warung-warung yang ada di pinggir jalan. Tidak sedikit yang menyediakan menu ikan lele sebagai salah satu sajiannya. Begitupun kalau kamu pergi ke pasar dan temui pedagang ikan lele, pasti ia akan bercerita kalau kebutuhan akan ikan lele tak pernah surut.
Kamu bisa mulai usaha ikan lele dengan memanfaatkan halaman kosong yang tak termanfaatkan. Tidak butuh lahan yang luas. Kamu bisa mulai dengan buat kolam lele dengan ukuran 2 meter x 1 m x 1m. Bisa kamu pilih untuk membuat kolam lele dari terpal saja. Biar biayanya tidak butuh modal besar. Setelah kolam jadi, kamu tinggal masukkan bibit ikan lele. Setelah itu beri makan rutin dan rawat hingga gede. Tiga bulan kemudian kamu sudah bisa panen hasilnya.

Ternak Ayam Petelur


teropongbisnis.com
teropongbisnis.com

Usaha ternak yang satu ini juga tidak pernah berkurang permintaannya. Kamu sendiri hampir tiap harinya mengkonsumsi telur kan? Karena itu, kalau usaha ayam petelur ini kamu tak bakal kesulitan untuk memasarkannya. Namun memang usaha ini butuh modal yang lumayan gede. Apalagi kalau memang ingin buat usaha dengan jumlah ayam petelur yang langsung banyak. Biaya operasionalnya pun lumayan. Untuk itu kamu memang butuh modal yang cukup supaya usaha ternak ayam petelurmu ini bisa berjalan sukses.
Tapi kalau kamu masih berniat coba-coba, bisa dengan modal kecil. Syaratnya tentu ayam petelur yang bisa kamu sediakan di awal tidak perlu banyak. Yang penting hasil dari usaha ini kemudian coba kamu putar terus hingga akhirnya usahamu ini kian besar.

Ternak Ayam Pedaging


bigdutchman.id
bigdutchman.id

Ini juga termasuk peluang usaha ternak yag menjanjikan. Kamu sendiri dalam seminggu pasti tak ketinggalan untuk mengonsumsi daging ayam ini kan? Seperti juga usaha ternak ayam petelur, jika ingin langsung buat usaha ternak ayam potong yang besar, pastilah butuh modal lumayan besar.
Namun kamu bisa cari sistem kemitraan untuk membuat usaha ayam potong ini. Banyak perusahaan yang memang bergerak di bidang budidaya ayam memiliki kerjasama model ini. Namun syaratnya kamu memang perlu lahan yang lumayan luas serta siapkan kandangnya. Kalau tawaran kerjasamamu di-ACC, segala kebutuhan usaha budidaya ayam ini akan disuplai oleh perusahaan. Tugasmu kemudian tinggal merawat ayam ini hingga waktu panen tiba.

Ternak Jangkrik


beritadaerah.co.id
beritadaerah.co.id

Jangkrik banyak dibutuhkan sebagai pakan ikan maupun burung. Karenanya potensi usaha ini cukup besar. Sebab selalu dibutuhkan oleh peternak ikan dan burung sebagai bahan makanan hewan peliharaannya.
Untuk memulai ternak jangkrik, kamu perlu lokasi khusus. Siapkan kandang jangkrik dengan membuatnya dari triplek, kardus atau bambu. Lainnya yang perlu kamu siapkan adalah kotak pemeliharaan jangkrik serta media hidup. Setelah itu kamu tinggal merawatnya dan memberi pakan yang sesuai .

Ternak Belut


budidayaperawatan.blogspot.com
budidayaperawatan.blogspot.com

Belut mungkin tidak sepopuler lele, tapi tetap saja usaha ini sangat menjanjikan. Sebab banyak orang yang suka mengkonsumsinya. Kamu bisa lakukan budidaya belut ini dengan buat kolam belut atau bisa juga dengan menggunakan media penyimpanan seperti drum.
Kamu perlu siapkan lebih dulu tempatnya agar sesuai dengan habitat belut. Sehingga nantinya pun belut bisa berkembang dengan baik. Lahan yang diperlukan pun tidak terlalu luas. Sebagai gambaran, dalam kolam berukuran 5m x 5m x 1m, bisa kamu isi hingga 9.000 bibit belut. Setelah tempatnya siap, kamu bisa masukkan bibit belut dan rawat sesuai petunjuk budidaya belut yang ideal.

Usaha Ternak Bebek


bisnisukm.id
bisnisukm.id

Banyak orang suka makan bebek. Harga daging bebek pun lebih tinggi dari daging ayam. Jadi kamu bisa dapat hasil yang besar jika sukses ternak bebek. Kelebihan lainnya, telur bebek bisa dibuat telur asin.
Kamu bisa pilih apakah mau buat ternak bebek petelur atau pedaging. Tapi umumnya usaha ternak bebek adalah untuk diambil telurnya. Yang kamu perlu siapkan jika ingin usaha ini adalah kandang bebek yang dekat dengan sumber air dan jauh dari keramaian. Kamu bisa buat kandang bebek dari kayu atau bambu dengan kandang yang beratap. Setelah itu kamu bisa cari bibit bebek yang berkualitas baik. Pelihara dan rawat secara sungguh-sungguh. Sehingga nantinya hasilnya pun akan memuaskan.
Sumber : https://www.satujam.com/peluang-usaha-ternak/
loading...
Loading...


EmoticonEmoticon