8 Cara Mengembangkan Bisnis Ala Top CEO Dunia

Loading...
Saat ini menjadi seorang entrepreneur bisa dikatakan menjadi impian sebagian besar orang. Namun memiliki bisnis sendiri bukanlah hal yang mudah untuk memulainya, terlebih lagi untuk mempertahankannya.

Dan tentunya seiring berjalannya waktu, Anda ingin mengembangkan sayap bisnis.  Akan tetapi tidak semua bisnis atau entrepreneur bisa berjalan lancar dan menjadi sukses.
Berikut ini adalah 8 tips untuk mengembangkan bisnis startup dari CEO dunia:

1. Orang yang tepat

Pada dasarnya sebuah bisnis bisa disamakan dengan sebuah tim olahraga, yang membutuhkan orang-orang yang tepat agar bisa maju dan bersaing dalam laga. Marcin Kleczynski, pendiri dan CEO dari Malwarebytes mengatakan, salah satu hal yang dianggap sepele dan menjadi kesalahan terbesarnya adalah mempertahankan orang-orang yang tidak berkontribusi untuk perkembangan bisnisnya. Yang perlu diingat ketika Anda ingin mengembangkan bisnis startup adalah merekrut orang-orang yang tepat untuk membantu menetapkan budaya perusahaan yang baik.

2. Market research

Hal ini sangat penting terutama dalam dunia bisnis. Jika Anda langsung terjun tanpa tahu bagaimana kondisi dan situasi yang akan dihadapi, Anda akan kehilangan banyak sekali waktu dan uang yang bisa berujung pada kebankrutan. CEO Spreadshirt, Philip Rooke mengatakan jika bisnis Anda tidak kompetitif di tempat asal Anda, hal tersebut bisa menjadi awal masalah yang semakin lama hanya akan bertambah besar. Jangan takut untuk melihat dan mengunjungi retailer lokal dan melihat respon atau apa yang menjadi kebutuhan dari konsumen.

3. Company culture

Pada dasarnya karyawan tertarik dengan perusahaan yang memilliki budaya. Hal ini adalah salah satu cara mereka untuk mengidentifikasikan apakah mereka akan cocok dengan perusahaan tersebut. Kualitas dari budaya perusahaan yang Anda miliki akan mempengaruhi baik secara positif atau negatif pada daya serap karyawan Anda. CEO inDinero, Jessica Mah menerapkan meetingmingguan yang dipimpin oleh moderator yang dipilih daripada manajer. Dengan membagi tugas manajerial kepada anggota tim, perusahaannya berhasil menghemat dana operasional hingga kurang lebih 1 juta USD.

4. Menyewa tenaga profesional

Dalam bisnis tentunya Anda ingin menghemat dana sebisa mungkin. Namun ada beberapa hal yang memang harus diserahkan pada tenaga profesional. Dalam hal ini terutama untuk jasa seorang akuntan publik. Kim Kaupe, salah satu pendiri Zinepak berbagi pengalamannya yang membuang banyak waktu sebelum akhirnya menyerah dan menggunakan jasa akuntan publik.

5. Komunikasi internal

Kesalahpahaman komunikasi dalam dunia bisnis bisa berujung pada kerugian baik dari segi waktu maupun uang. Sangat penting untuk memastikan bahwa setiap anggota atau orang-orang yang terlibat dalam perusahaan berada di satu jalur dan tujuan yang sama. Herman Heller, CEO dari Runbook International berbagi pengalaman betapa pentingnya untuk terus belajar sebagai institusi yang global dan menjaga komunikasi internal yang terbuka, jelas, dan mengalir.

6. Contigency plan

Ketika Anda ingin memulai mengembangkan perusahaan, keuangan Anda pasti akan terpengaruh. Oleh karena itu, Anda membutuhkan rencana keuangan cadangan sehingga Anda tahu apa yang harus dilakukan jika rencana pengembangan usaha ternyata memakan waktu atau dana pengembangan yang lebih banyak dari rencana awal. Ray Rothrock, CEO dari Red Seal mengatakan rencana cadangan sangat diperlukan karena krisis dalam segi keuangan akan menyebabkan permasalahan moral dan meningkatkan level stres pada karyawan.

7. Pemimpin yang berpengalaman

Menurut Vick Vaishnavi, CEO dari Yotta, sebuah bisnis startup yang sukses tidak terlepas dari pemimpin yang berpengalaman yang mampu meningkatkan penjualan, mengantisipasi kegagalan dan menetapkan budaya dari bisnis startup seiring perkembangannya.

8. Sharing the wealth

Justin Wetherill, CEO dari UBreakFix mengemukakan pengalamannya dalam mengembangkan bisnisnya. Merekrut karyawan dengan upah minimum tidak akan menjadikan mereka loyal, sedangkan loyalitas adalah hal yang penting dalam bisnis. Berikan karyawan Anda kesempatan untuk ikut merasa memiliki dan menjadi bagian dari perusahaan dengan cara menghargai kerja keras mereka. Justin mengatakan pada awal pengembangan perusahaannya, dia menyewa orang-orang yang sangat berkualitas dan meminta mereka untuk mempelajari bisnis dengan upah US$10 per jam. Insentif yang diberikan dalam bentuk kesempatan untuk menjadi pemilik operator bila mereka tetap loyal terhadap perusahaannya dan saat ini para karyawan yang berkomitmen tersebut juga menjadi pemegang saham perusahaan.
Sekian Tips Mengembangkan Bisnis Ala top CEO Dunia, semoga bermanfaat
Source : andriewongso.com
loading...
Loading...


EmoticonEmoticon