AJARAN “MENYESATKAN” BOB SADINO, BIKIN MAHASISWA “BERHENTI” KULIAH

Loading...
Bob Sadino, merupakan salah satu tokoh yang dimiliki negeri ini. Dengan kesederhanaannya, Bob mampu menginspirasi jutaan manusia. Banyak yang berubah jalan hidupnya, karena terinspirasi dengan “ide-ide gila” nya.

Pengusaha senior Bob Sadino wafat pada Senin, 19 Januari 2015. Semasa hidupnya, Bob dikenal sebagai sosok yang unik. Salah satu ciri uniknya adalah bercelana pendek. Bob selalu mengenakan celana pendek dalam berbagai kesempatan.
Bob adalah guru terbaik yang mengajarkan soal kehidupan, tidak cuma tentang bisnis. Gayanya yang nyentrik juga menjadi ciri khas Bob Sadino. Pola pikir unik di luar pakem teori maupun buku teks ekonomi menjadikan pengusaha kawakan ini dikenal sebagai entreprenuer sejati.
Namun, sejumlah statementnya tak luput dari perdebatan hingga menyebabkan kontroversi. Bahkan menyebabkan beberapa mahasiswa akhirnya keluar dan berhenti dari bangku kuliah.
Pebisnis dengan nama lengkap Bambang Mustari Sadino tersebut mewarisi dan memberi inspirasi hebat bagi banyak kalangan. Pemikiran beken Bob Sadino dikenal dengan nama ‘GoBlog Management’. Ajaran “menyesatkan” dan pernyataan “goblok” Bob begitu dikenal luas.
PERNYATAAN BOB YANG MENYESATKAN MAHASISWA
 “Kuliah itu hanya memasukkan ‘sampah’ ke kepala Anda”
Pernyataan Bob ini dilontarkan disebuah seminar disebuah perguruan tinggi yang dihadiri ratusan mahasiswa. Bagi setiap orang yang masih kuliah mendengar statement Bob ini pasti protes, tidak terkecuali peserta seminar yang notabene masih kuliah. Mereka merasa apa yang dilakukan setiap hari berarti memasukkan sampah ke kepala mereka.
Pernyataan Bob ada benarnya, karena memang apa yang dipelajari di bangku kuliah banyak yang tidak dipakai di kemudian hari. Saat mempelajari sesuatu di bangku kuliah sementara apa yang dipelajari itu tidak dipakai maka apa yang dipelajari itu menjadi sampah bagi otak mahasiswa.
“IPK diatas 3 koma tandanya, calon Karyawan”
Sangat masuk akal. Jika kuliah kok IPK-nya diatas 3, itu tandanya calon karyawan. Kecenderungan mahasiswa yang memiliki IPK bagus biasanya memiliki idealisme tinggi, mengaplikasikan ilmunya. Mereka tidak lain adalah melamar pekerjaan di perusahaan dan menjadi karyawan.
Apa ada mahasiswa yang IPK diatas 3, kemudian memilih berbisnis? Ada, tapi sangat sedikit.
Itulah mengapa bob sadino justru mengajarkan, kalau mau sukses bisnis IPK harus jeblok. Karena dengan demikian tidak memiliki pilihan lain selain berwirausaha.
Sebab itu Bob selalu mengatakan di setiap seminarnya, “Jika mau sukses, jangan mau jadi karyawan”.
“Kuliah itu Goblok, Siapa yang hadir di seminar ini, Besok jangan masuk kuliah”
Masih di seminar dikota yang sama, Bob secara terang-terangan menyampaikan jika “kuliah itu kegiatan goblok, besok jangan masuk kuliah”.
Sangat frontal memang, menyampaikan statement seperti itu didepan ratusan mahasiswa dan akademisi. Tentu saja banyak peserta yang kemudian heboh, maklum sebagian peserta seminar itu adalah anak muda yang polos, lugu, dan baru semangatnya mencari jatidiri.
Maksud pernyataan Bob, sebenarnya masuk akal. Namun bagi sebagian orang ini justru menyesatkan. Jika Anda pada akhirnya mencapai karir sebagai pebisnis restoran, padahal anda kuliah di fakultas teknik, terus apa gunanya yang anda pelajari di bangku kuliah? ini istilah yang tepat adalah “goblok” versi Bob Sadino.
“Kalau mau sukses, Bisnis sayuran”
Wajar saja, sebab Bob memang pengusaha sayuran. Bob Sadino membawahi PT Kemchick dan Kemfood dengan bisnis utamanya pertanian, makanan olahan hasil pertanian, dan peternakan.
Hal ini menunjukkan Bob konsisten dengan apa yang diucapkan. Dia mengajarkan apa yang dia lakukan, menunjukkan apa yang sudah dilalui – jadi tidak asal bunyi.
“Bisnis hanya modal dengkul, jika Anda tidak punya, Pinjam orang dengkul lain”
“Mau gak kira-kira kalo dengkulnya dibeli 500 juta? tidak mau kan, berarti Anda punya modal 1 miliar dengan 2 dengkul Anda,” ujar Bob.
Begitulah karakter Bob yang ‘menyesatkan’ bagi sebagian orang yang hanya menangkap apa yang diucapkan tapi bukan apa yang ingin disampaikan, beruntung bagi orang yang “disesatkannya” kejalan kebaikan kemudian menjadi entrepreneur dan sukses. Jika gagal, maka wajib menghabiskan kegagalan itu hingga hanya berhasil yang bersisa.
Sumber : https://petajatim.id/ajaran-menyesatkan-bob-sadino-bikin-mahasiswa-berhenti-kuliah/
loading...
Loading...


EmoticonEmoticon