Bob and Me : "Kliping"

Loading...
Sebagai public figure, sang Maestro sering didatangi wartawan, baik media cetak maupun elektronik. Saat-saat terakhir, sesuai perkembangan dunia pemberitaan di tanah air, cukup banyak juga wawancara dengan media online.

Beberapa kali saya menemani oom, menjawab dengan tangkas berbagai pertanyaan dari para wartawan. Pernah juga saya diminta untuk mengatur waktu agar sang wartawan bisa wawancara dengan beliau.
Biasanya, hasil wawancara akan dimuat di media cetak dalam waktu yang tidak terlalu lama, dalam bentuk feature ataupun kutipan wawancara. Kalau medianya koran harian, mungkin hanya perlu satu dua hari. Jika majalah mingguan, bisa lebih dari satu pekan. Paling lama, adalah majalah yang terbit bulanan. Dan salah satu kebiasaan sang Maestro adalah meminta bukti terbit kepada sang wartawan, dalam bentuk koran/majalahnya.
Belakangan, dengan maraknya media elektronik, oom meminta bukti rekaman (untuk radio) dan bukti tayang (untuk televisi) dalam bentuk CD atau VCD. 
Umumnya, berbagai bentuk bukti itu, sampai ke tangan beliau, baik dikirim via pos ataupun dikirim langsung. Oom cukup teliti dalam hal ini. Beberapa media yang tidak memenuhi permintaan, jarang dilayani lagi permintaan wawancaranya.
Awalnya saya ingin bertanya, bukti-bukti itu mau diapakan? Tapi pertanyaan itu tidak tersampaikan dalam waktu lama. 
Sampai pada suatu pagi, saya melihat tante sedang menggunting satu halaman koran, yang memuat artikel tentang oom. Tak hanya sampai di situ, tante menempel guntingan halaman koran itu di sebuah kertas folio dengan rapi. Kliping yang sempurna.
 Entah, dimana kliping-kliping itu sekarang berada …

Sumber : https://c.uctalks.ucweb.com/detail/3e4ce47ccf0d4d28912898483e8ef706?uc_param_str=dnvebichfrmintcpwidsudsvnwpflameefut&stat_entry=personal&comment_stat=1
loading...
Loading...


EmoticonEmoticon