Loading...
Dapat berkeliling dunia tentunya merupakan impian semua orang. Namun sayangnya untuk keperluan hukum seperti keamanan bersama berkeliling dunia tidak semudah ketika kita berkunjung antar provinsi di Indonesia. 
Untuk pergi berkunjung ke negara lain tidak semata-mata memiliki tiket pesawat pulang-pergi dan uang saja cukup. 

Untuk bisa memasuki sebuah negara, kita diharuskan untuk menunjukkan identitas diri yang berlaku secara global, yakni paspor.
Tapi ternyata meskipun memiliki paspor sebagai tanda pengenal identitas diri, hal tersebut saja masih kurang lho. Beberapa negara mengharuskan kita untuk memiliki visa untuk dapat memasuki wilayah negaranya.
Visa sendiri ada bermacam-macam jenisnya tergantung dengan fungsi dari kunjungan tersebut.
  1. Visa Pelajar digunakan bagi para pelajar yang mengenyam pendidikan di luar negeri.
  2. Visa Bisnis digunakan bagi para pelaku bisnis yang memiliki usaha di luar negeri yang mengharuskannya tinggal lama di negara tersebut.
  3. Visa Kerja ditujukan kepada orang-orang yang bekerja menetap di negara tujuan dan visa jenis ini jangka waktunya cukup lama
  4. Visa Pertukaran Pelajar tentunya dikhususkan bagi para pelajar yang sedang melakukan program pertukaran pelajar di negara tujuan
  5. Visa on Arrival sangat memudahkan yang berpergian karena tidak harus mengurus izin visa jauh-jauh hari sebelum keberangkatan dan dapat diurus saat memasuki wilayah imigrasi di pintu masuk ke negara tersebut dengan membayar uang registrasi, namun Visa on Arrival hanya berlaku pada beberapa negara yang memiliki hubungan baik.
  6. Visa Turis digunakan bagi orang-orang yang sering sekali jalan-jalan keluar negeri.
  7. Visa Kunjungan Bisnis ditujukan pada pelaku bisnis yang melakukan kunjungan bisnis di negara tujuan untuk waktu yang relatif singkat.
Biasanya untuk bisa mendapatkan visa tersebut kita harus mengajukannya terlebih dahulu kepada kedutaan besar negara tujuan yang berada di Indonesia. Tapi, beberapa negara ini memiliki kebijakan bebas visa atau visa on arrival bagi WNI pemegang paspor Indonesia lho. 

ASIA

EROPA

AFRIKA

AMERIKA

AUSTRALIA & OCEANIA


Sumber: TRIP to TRIP | Kompas | ICAN | BebasVisa.id

Sumber : https://www.goodnewsfromindonesia.id/2018/01/16/86-negara-bebas-visa-dan-visa-on-arrival-bagi-wni
loading...
Loading...


EmoticonEmoticon