Gunakan Youtube Untuk Mendongkrak Promosi Bisnis Anda

Loading...
Selain media sosial dan Google, ada media lain yang patut Anda perhitungkan untuk mendongkrak promosi bisnis Anda, yakni Youtube.
Selama ini kita mengenal Youtube sebagai  media para vlogger dan Youtuber tanpa nama sebagai ajang mendulang Dollar lewat konten-konten video mereka. Kebanyakan dari kita mengetahui bahwa salah satu cara mendapatkan uang dari Google adalah dengan membuat konten video yang menarik sehingga mampu mendatangkan viewer. Kita baru mendapatkan uang dari Youtube jika video kita ditumpangi iklan oleh advertiser.
Jika selama ini Youtube hanya dipergunakan oleh vlogger terkenal dan Youtuber tanpa nama untuk mendulang penghasilan, mengapa kita sebagai enterpreneur tidak memulai memanfaatkan Youtube juga untuk mendongkrak promosi bisnis kita?
Tidak perlu menghabiskan uang untuk memasang iklan pada video orang lain. Cara-cara berikut bisa Anda pertimbangkan untuk mempromosikan bisnis Anda lewat video gratisan di Youtube :
1) MULAILAH MEMBUAT KONTEN VIDEO ANDA SENDIRI
Mulai sekarang bangun viewer Anda sendiri. Buatlah konten-konten informatif yang sekiranya bakal disukai oleh penonton tapi masih berhubungan dengan bisnis Anda. Buat channel khusus untuk bisnis Anda yang berisi video-video content Anda.
Misalnya saat ini Anda sedang berbisnis fashion. Mulailah membuat konsep tentang video berisi tips fashion yang kreatif. Atau Anda juga bisa membuat video tentang berita seputar ranah fashion terkini.
Jika Anda berbisnis travel agency, mulailah membuat video yang me-review tempat-tempat wisata eksotis yang ada di Indonesia. Jika Anda berbisnis kuliner, buatlah konten video menarik tentang hal-hal apa saja yang bisa Anda lakukan sambil menikmati kuliner Anda. Dan masih banyak lagi contoh yang bisa Anda buat untuk bisnis Anda.
2) BUATLAH VIDEO  SECARA RUTIN
Setelah Anda menemukan dan membuat konsep untuk channel video Anda, tugas Anda selanjutnya adalah rutin menghasilkan video untuk channel Anda. Anda tidak perlu membuat video dengan budget tinggi untuk menghemat biaya. Video sederhana pun bisa, asalkan informatif dan enak untuk ditonton.
Paling tidak dalam seminggu sekali, upload video baru Anda ke Youtube. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan banyak viewer dengan sendirinya. Jika subscriber dan viewer video Anda sudah banyak, Anda bisa membuka kesempatan kepada bisnis lain untuk endorse melalui video Anda.
Jadi Anda mendapatkan tiga keuntungan sekaligus : Anda bisa mempromosikan bisnis Anda lewat content video Anda, Anda bisa mendapatkan penghasilan dari iklan Youtube, dan Anda juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari endorsement.
3) PERHATIKAN PENULISAN JUDUL, DESKRIPSI, DAN TAG PADA VIDEO
Judul, deskripsi, dan tag video juga menentukan apakah video Anda nantinya mudah ditemukan oleh viewer atau tidak. Sebaiknya, buatlah judul, deskripsi, dan tag video dengan kata kunci yang sedang banyak dicari orang.
Untuk mengeceknya, Anda bisa melakukan riset kecil-kecilan di Google Keyword Planner dan Google Trend. Asumsinya, jika keyword tersebut banyak dicari di Google, maka keyword tersebut juga banyak dicari di Youtube.
Misalnya Anda ingin membuat video tentang bohemian fashion. Maka Anda masuk dulu ke Google Keyword Planner. Anda cek keyword-keyword populer seperti apa yang terkait dengan bohemian fashion. Pilih keyword yang paling banyak dicari oleh orang. Nantinya Anda bisa menggunakan keyword ini sebagai judul, deskripsi, dan tag untuk video Anda.
4) BUAT VIDEO SEBANYAK-BANYAKNYA UNTUK SEO
Selain membangun viewer di channel Youtube Anda sendiri, Anda juga bisa membuat channel baru untuk video SEO. Gunanya video SEO adalah untuk memasarkan produk Anda dan membuat video Anda berada di halaman pertama pencarian Google.

Cara membuatnya dan risetnya sama seperti riset untuk SEO pada umumnya. Yang terpenting, judul, deskripsi, dan tag pada video Anda mengandung kata kunci atau keyword yang Anda bidik.
SEO lewat Youtube ini cenderung mudah dipraktekkan. Karena untuk banyak kasus, Google juga menampilkan hasil pencarian untuk video di halaman pertama Google. 
Selain itu, tidak banyak pemain SEO yang bermain pada Youtube, sehingga persaingan jadi lebih sedikit. Jadi cara ini juga bisa Anda gunakan jika produk Anda perlu dipasarkan di Google.

Sumber : https://www.alona.co.id/bisnis/gunakan-youtube-untuk-mendongkrak-promosi-bisnis-anda/
loading...
Loading...


EmoticonEmoticon