Tips Memulai Usaha Dari Gibran Rakabuming Raka

Loading...
Tips memulai usaha dari Gibran Rakabuming RakaTips memulai usaha dari Gibran Rakabuming Raka – Putra dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka merupakan seorang wirausahawan muda yang terbilang berhasil di kota Solo. Usahanya tak hanya di kota Solo, namun sekarang telah berkembang ke beberapa kota besar di indonesia.



Bisnis putra sulung dari Presiden Jokowi ini di antaranya martabak kota baru atau Markobar, katering chilli pari, serta warung cakar ayam bakar pedes semakin hari semakin berkembang pesat.

Usaha yang selalu berkembang ini ditularkan oleh Gibran ke mahasiswa di Yogyakarta. 2 universitas yang mujur ada di UNY serta UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Gibran beragam berbagi kisah awal mulanya Ia memulai usaha sampai sekarang. Ia juga berbagi tips untuk para mahasiswa supaya usaha yang dirintis bisa maju seperti usahanya saat ini.
“Dalam memulai usaha saya sih kuncinya ngeyel. Untuk menjadi pengusaha itu mesti idealis. Orangtua saya itu memiliki latar belakang bisnis mebel, serta tak ada bekal bisnis kuliner yang saya tahu. Saya dari dahulu dididik untuk meneruskan usaha orang tua. Oleh karenanya awalnya saya selalu ditentang untuk memulai usaha kuliner,” katanya di Rektorat UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Gibran bercerita jika Markobar, Chili Pari, serta Ceker Dheer semuanya diawali ketika Ia masih berstatus sebagai mahasiswa. Ia memberi tahu jika pernah jatuh bangun dalam memulai usaha seperti sekarang ini. Tetapi ia selalu berupaya serta yakin jika ke depan bahwa usaha kuliner mempunyai peluang pasar yang besar.
Gibran menyampaikan, ia memulai usaha kuliner pada 2010. Waktu itu usaha pertamanya yaitu usaha catering. Menurut dia, di tahun pertama dan kedua merupakan masa-masa terberatnya dalam bangun usaha katering.
Beragam masalah dihadapi waktu pada 2 tahun pertamanya itu. Tetapi setelah memasuki tahun ke-3 usaha yang dibangunnya dirasa telah mulai terasa hasilnya.
“Jika anda telah bertekad untuk menjadi pengusaha, maka lakukanlah. Jika orangtua menentang, itu hanyalah lantaran orangtua tidak ingin anaknya kelak hidup rekoso atau susah. Lantaran menjadi pengusaha itu sulit, ada jatuh bangunnya juga banyak yang tidak berhasil,” katanya.
Gibran menceritakan waktu awal memulai usaha, seringkali Ia memperoleh customer yang rewel. Tetapi ia terus menghadapinya dengan baik serta memberi promo harga diskon untuknya. Pasalnya, di samping dana yang besar, juga dibutuhkan kepercayaan dari pelanggan pada produknya mesti terbangun.
“Saya setiap hari hadapi customer seperti itu, yang rewel. Hadapi itu sangatlah susah, menampik tak enak, mengiyakan akan rugi. Oleh karenanya pada 2 tahun pertama menjalankan usaha, saya masih tetap dealing harga dengan harga yang sudah ditawarkan,” katanya.
Ia juga memberi tips pada mahasiswa yang bakal memulai usaha. Gibran merekomendasikan supaya mahasiswa yang telah memulai usaha untuk konsentrasi pada usahanya. Ia tak merekomendasikan pada mahasiswa untuk melakukan 2 profesi sekalian. Lantaran bakal bikin usaha akan tidak konsentrasi serta hasil yang diperoleh tak optimal.

Sumber : https://umkmjogja.com/tips-memulai-usaha-dari-gibran-rakabuming-raka.html
loading...
Loading...


EmoticonEmoticon