5 Cara Mengolah Steak Ala 5 Chef Kelas Dunia

Loading...
Sudah sangat banyak referensi seputar bagaimana cara mengolah steak agar menghasilkan rasa dan tekstur daging yang lezat. 



Sebagian besar dari penikmat steak di Indonesia menyukai tingkat kematangan well-done atau yang biasa disebut tingkat kematangan sempurna.





Photo Source: wideopeneats.com
Alasanya, karena kebanyakan dari kita takut akan steak yang masih terlihat mentah atau masih ada sedikit rasa darahnya.
Tapi, penasaran nggak sih? Bagaimana chef-chef handal dunia berkreasi dengan steak nya?

Alton Brown

Pan-Seared and Oven Baked


Photo Source: 425magazine.com
Alton Brown adalah seorang chef celebrity yang terkenal melalui acara Food Network Good Eats, mini seri Feasting on Asphalt dan Feasting on Waves. Ia pun juga merupakan komentator utama pada acara Iron Chef America dan Cutthroat Kitchen.
Menurut Alton, untuk pan-seared rib eyes, dibutuhkan 2 kunci penting yaitu: memasaknya di suhu ruangan dan memanaskan cast-iron skillet di dalam oven yang panas nya 500 derajat.
Mengolah rib eye pada suhu ruangan akan membantu menjaga rasa dan kadar nutrisi yang ada di dalam daging. Lalu, memotong daging nya terlebih dahulu baru melanjutkan ke proses "memasak". Setelah all the meat are seared perfectly, baru di masuk kan ke dalam oven.


Photo Source: foodnetwork
Tujuan dari memanaskan skillet sebelum masuk ke dalam oven, akan membatu proses pematangan rib eye, dan dapat memastikan bahwa bahwa daging-daging rib eye akan perfectly-heated through the pan. Sehingga rasa hangus atau pun bau hangus tidak akan terjadi.

Gordon Ramsay

Baste with Butter


Photo Source: reviewjournal.com
Siapa yang enggak tau Chef Gordon Ramsay? Nama dari chef yang genap berusia 52 tahun tahun 2018 ini melambung melalui acara TV nya yaitu Hell's Kitchen, The F Word, Kitchen Nightmares dan Master Chef. Salah satu chef yang sukses di dunia ini ternyata membuka restoran pertamanya di kota Chesea, London.
Karena kegemarannya memasak, Chef Gordon Ramsay sudah menemukan banyak sekali hint-hint dan tips menarik dalam mengolah makanan. Salah satunya adalah bagaimana cara mengolah Steak yang lezat.


Photo Source: recipespinterest.com
Its no surprise that his tip for steak is the same as how to cook a burger; baste with butter. Pada dasarnya, kita semua juga memahami bahwa butter atau mentega ini memberikan cita rasa juicy dan creamy pada olahan-olahan makanan apapun, especially meat. Berdasarkan riset dan pengalamannya, Chef Gordon Ramsay menjelaskan bahwa coating steak dengan melted butter akan memberikan rasa nutty brown yang membuat steak jadi lebih juicy.

Ree Drummond

Butter-Rubbed Grill Pan


Photo Source: people.com
Chef yang dikenal sebagai "The Pioneer Women" memulai karir nya darimenulis blog. Hal ini membawanya masuk ke list nomor 22 di Forbes' Top 25 Web Celebrities. Blognya yang berjudul The Pioneer Women ini berisikan kehidupan sehari-hari Ree Drummond sebagai seorang istri yang menyiapkan berbagai macam menu makanan untuk dirumah.


Photo Source: foodnetwork.com
Isi dari post pertama blog The Pioneer Women berjudul "How To Cook a Steak". Cara yang digunakan Ree Drummond dalam menyampaikan cara memasak Steak yang baik ini ternyata menarik banyak sekali perhatian. Menggunakan 3 basic element yang dijadikan bahan dasar yaitu, Lawry's Seasoned Salt McCormick Lemon Pepper dan Regular (salted) butter.
Chef Ree juga menambahkan bahwa melapisi hot grill pan dengan butter before searing the steak will always a good step.
Seperti yang disampaikan Gordon Ramsay sebelumnya, butter memberikan rasa gurih yang akan membuat daging terasa lebih lezat. Meletakkan butter pada wajan sebelum memasak daging itu seperti menjadikan daging itu lezat sebelum di olah dan dibumbui. It's the perfect short-cut!

Chrissy Teigen

Soak in a Garlicky Marinade


Photo Source: greatideas.people.com
Selain menjadi istri dari seorang musisi terkenal, ternyata Crissy Teigen juga memiliki hobi memasak. Dari bukunya yang berjudul Cravings, Chrissy Teigen membeberkan banyak rahasia dapur yang ia miliki.
Ia memiliki method of the best marinade in existance yang dapat di aplikasikan untuk segala jenis masakan, termasuk steak.
Dengan mencampurkan soy sauce dan bawang putih, lalu mencampur nya dengan daging selama 8 jam, akan memberikan rasa gurih dan lezat pada daging. Ia percaya bahwa kedua bumbu ini akan meresap ke daging dan membuat daging menjadi sangat gurih.
Memang, pada dasarnya bawang putih adalah the ultimate secret ingredient yang digunakan para koki untuk membuat makananya jadi lebih enak dan menarik. Tips ini harus banget di coba! Karena selain bahan dan cara nya mudah, kamu bisa menghasilkan Steak lezat ala Chrissy Teigen.

Bobby Flay

Perfectly Grilled


Photo Source: entrepreneur.com
Bobby Flay is an American celebrity chef dan juga pemilik dari beberapa restoran ternama seperti Mesa Grill di Las Vegas dan The Bahamas di New York.
Dikenal sebagai the master of the grill, membuat kemahiran Bobby Flay dalam mengolah steak tak perlu di pertanyakan lagi.
Berdasarkan teorinya, memasak Steak itu tidak perlu cara yang rumit. Yang akan kamu butuhkan adalah daging steak, minyak, garam dan merica. Kamu harus melumuri daging steak dengan oil baru kamu bisa memanggangnya.


Photo Source: foodnetwork.com
Karena ternyata, banyak sekali yang pouring the oil into the grilling pan rather than to the steak, hal ini dapat membuat cita rasa dari daging jadi rusak.
Dengan melakukan tips nya itu, kamu bisa mendapatkan the perfectly grilled meat!

Sumber : https://www.qraved.com/journal/recipe/5-cara-mengolah-steak-ala-5-chef-kelas-dunia
loading...
Loading...


EmoticonEmoticon