6 Pelajaran Penting Dari KH. Yusuf Mansur

Loading...
Hari ini, genap 41 tahun usia guru saya (19 Desember 2017). Ustadz Yusuf Mansur. Membersamai beliau sejak 2006. Dari sejak Daarul Qur'an baru bersantri 23 orang, 6 Ustadz dan ruko 3 pintu yang disulap jadi pesantren. Sampai akhirnya sekarang begitu megah dengan ribuan santrinya.


.
Berkat ridho Alloh dan dukungan banyak pihak, Daarul Qur'an menjadi seperti saat ini. Namun, tak bisa dipungkiri bahwa semua ini berawal dari mimpi 1 orang. Yusuf Mansur.
.
Beliau adalah salah satu guru terbaik bangsa, dan puji syukur kepada Alloh, saya sempat mendapatkan pengajaran langsung dari beliau.
.
Mulai dari kesederhanaan, kerja keras sampai urusan tauhid. Masih teringat jelas ketika saya dipanggil pagi-pagi ke rumah beliau. Diajak ngobrol urusan pesantren. Sambil sarapan telur orak arik pake kecap. Sederhana, tapi membekas di saya sampai sekarang.
.
Dan masih banyak kebaikan beliau yang insyaallah, menjadi salah satu wasilah apapun yang ada di dalam diri saya saat ini (ilmu, kebijaksanaan dan iman kepada Alloh). Hingga teramat sayang, jika kebaikan-kebaikan itu tak saya kabarkan sebagai pelajaran bagi semua.
.
Karena tak ada hadiah yang lebih baik daripada seorang murid, kecuali dengan mendoakan gurunya. Dan ada yang lebih baik lagi daripada itu, yaitu dengan mengabarkan kebaikan gurunya, agar orang lain pun ikut mendoakannya.
.
Tulisan ini saya buat, sebagai hadiah bagi beliau. Semoga sampai terbaca kepada beliau. Aamiin.
.
Dan inilah 6 pelajaran penting yang saya dapat dari beliau. Tentu masih banyak yang lain.. Semoga ada kesempatan di lain waktu.
Apa yang 6 itu?
.
1. Baik sangka
Seumur hidup saya.. Jika ada manusia yang paling punya rasa berbaik sangka sampai puuuooolll. Beliaulah (Yusuf Mansur) orangnya.
Beliau tak pernah menanggapi buruk niatan orang. Mau jahat, mau nipu, mau apapun. Baik sangka beliau selalu di depan. Bahkan jika telah benar ditipu sekalipun, beliau tetap akan baik sangka. Paling jawabannya, "Alloh juga yang punya skenario. Berarti ada dari saya yang salah yang harus diperbaiki"
Maka saat, saya mendengar berbagai berita tentang UYM dilaporkan karena kasus ini itu, saya cuma senyum. Karena saya tahu persis. Bukan maksud beliau demikian.
Seandainya ada keburukan dalam langkah beliau. Itu semua karena sikap baik sangka yang luar biasa inilah sebabnya..
Sampai-sampai, setiap orang yang menawarkan sesuatu dengan "label" manfaat, dakwah atau umat. Akan beliau sambut. Yang tak jarang.. Manusia-manusia munafik bertopeng ikut memanfaatkan baik sangkanya beliau ini.
Namun bukan berarti baik sangka beliau ini sebab dari bencana. Tidak. Sama sekali tidak.
Justru baik sangka beliau inilah yang juga sekaligus menjadi penyelamat.
Karenanya saya meyakini..
Itulah yang membuat Alloh senantiasa memberi beliau pertolongan dan keajaiban. Tugas beliau adalah tetap berbaik sangka. Jika ada keburukan di dalamnya, insyaallah.. Alloh sendiri yang menyingkirkannya.
2. Tak segan minta maaf
Pernah suatu ketika, saya dimarahi habis-habisan di depan tamu pondok. Memang salah saya juga. Saya abai dengan kerapian pondok, alhasil, sampah ada di beberapa tempat. Ini membuat beliau marah saat mengajak tamu berkunjung.
.
Namun, begitu malamnya. Beliau sms saya (waktu itu belum ada WA atau BBM). Minta maaf ke saya.. Meski saya karyawan dan murid beliau. Inilah pelajaran penting dari Ustadz untuk saya.
.
Tak hanya sekali..,
Karena jika urusan bikin marah. Mungkin saya termasuk yang sering bikin beliau marah. Hehehe..
Biasanya lebih karena debat di dalam rapat.. Saya otak kiri mentok, beliau otak kanan poooll.. Akhirnya debat seru.
Gitu dah pokoknya. Tapi ya begitulah..
Marahan, lalu saling memaafkan dan baikan. Mungkin hal ini yang membuat beliau alhamdulillah tidak melupakan saya.
.
3. Mengutamakan keluarga
Mau ada tamu siapapun.. Kalau anak sudah datang. Beliau akan sambut putra putrinya lebih dulu daripada tamunya..
Tak pernah menyuruh anaknya menyingkir jika ada tamu..
Perkembangan anak-anaknya sangat beliau pantau. Saya menyaksikan sendiri ketertarikan beliau jika sudah bicara tentang anak-anak.. Terlebih saat itu, saya bertanggung jawab untuk pendidikan Kak Qumi dan abang Kun sebagai kepala sekolah TK Daarul Qur'an.
.
Sampai-sampai, beliau tak segan mengundang para pakar pendidikan anak hanya untuk ngobrol di rumah beliau.
Bagi beliau, keluarga is Prime Customer.
.
4. Cara Alloh selalu pilihan utama
Kalau urusan yang ini. Tentu kawan-kawan sudah sangat paham.. Namun ada 1 kisah yang barangkali kawan-kawan tidak tahu. Dan inilah bukti yakinnya beliau dengan cara Alloh.
.
Saat kami memulai membangun kampung Qur'an di ketapang. Kita beli tanah dengan sistem bayar tempo. Nyicil lah..
Santri belum banyak, berbanding lurus dengan popularitas Daarul Qur'an yang saat itu belum banyak dikenal.
.
Begitu sampai waktunya pelunasan. Duit nggak ada juga. Kita sudah siap-siap diusir sama yang punya tanah kalau belum juga dilunasi. Pasalnya, kita udah bangun meski belum lunas. Hehehe..
.
Masih kurang sekian Milyar.
Bukannya menyuruh kami cari duit..
Beliau mengumpulkan kami.. Lalu menyuruh kami baca yasin.
Kata beliau, "surah yasin itu ada kurang lebih 3000 huruf, kalau kita 100 orang baca yasin (karyawan dan para santri) berarti ada 300.000 ribu huruf yang dibaca. Kita berharap ke Alloh agar Alloh balas dengan pahala maksimal 1000 pahala. Berarti jadi 300juta pahala. Semoga jadi duit 300juta rupiah setiap selesai baca..
Kita baca pagi siang sore. 2 minggu.. Insyaallah. Duitnya nanti ada.
.
Itulah perintahnya..
Bagi sebagian kawan-kawan mungkin tak masuk akal. Pun bagi saya yang otak kiri banget..
Namun nyatanya, kawan-kawan saksikan hari ini, kampung Qur'an di ketapang sudah berdiri demikian bagusnya.
Berawal dari niat dan yasin.
.
5. Berani mencoba, sempurnakan sambil jalan
Kalau yang satu ini,.. YM banget.
Apapun yang baik, apapun yang punya potensi beliau akan langsung jalankan. Action aja dulu. Khusnudzon ke Alloh, biar nanti Alloh sempurnakan caranya.
.
Maka jangan kaget, jika ada program-program beliau yang salah di mata masyarakat. Bukan karena beliau sengaja. Namun karena dengan cara itulah beliau ingin menyempurnakannya lewat kesalahan di perjalanan.
.
Bagi beliau, kecepatan adalah hal yang penting. Momentum tak boleh hilang. Coba dulu, biar cepet selesai. Biar cepet tahu. Saya sebagai murid.. Meminta maaf jika ada hal-hal yang kurang berkenan dari beliau.
.
Insyaallah. Semata-mata karena beliau ingin yang terbaik untuk bangsa ini.
Seandainya pun, ada kesalahan beliau. Saya mengajak kawan-kawan mengingat pada lebih banyaknya kebaikan beliau yang sudah diberikan untuk negeri ini.
.
6. Wakaf
Inilah hal terakhir dan terberat yang saya masih coba lakukan. WAKAF.
.
Bukan cuma masalah harta, tapi juga waktu, tenaga dan juga dirinya sendiri.
.
Sudah banyak saya menyaksikan waktu beliau diberikan mikirin banyak orang, harta beliau dipakai untuk kepentingan banyak orang, bahkan dirinya pun selalu digunakan untuk kepentingan banyak orang.
.
Semoga ini menjadi amal jariyah beliau hingga yaumul qiyamah.
.
Itulah 6 hal penting yang saya dapatkan ketika berkhidmat kepada guru saya ini. Kawan-kawan yang dirahmati Alloh.. Mohon ikhlasnya.. Doakan beliau agar Alloh berikan kekuatan, dan dihindarkan dari kejahatan jin dan manusia.
Dan semoga lahir banyak Yusuf Mansur di masa depan. Agar masyarakat negeri ini bisa bertauhid, dan juga berduit. Hehe..
.
Al fatehah.. Aamiin.
.
Salam..
Murid yang paling buruk ilmu dan akhlaknya..
Sumber : Andre Raditya
.
#UstadzYusufMansur #Hikmah #PelajaranRahmatBerkah
loading...
Loading...


EmoticonEmoticon