Bob and Me : "Belajar"

Loading...
Menilik berbagai statement sang Maestro di berbagai forum, kesan bahwa beliau anti sekolahan, sangatlah kental. 
Setiap kali beliau bicara di kampus, satu pesan yang tidak pernah dilupakan kepada para mahasiswa yang hadir. 'Mulai besok, jangan lagi datang ke kampus!'
Sebenarnya, sang Maestro adalah seorang intelektual. Ilmu-ilmu pertanian yang beliau kembangkan dalam bisnisnya, sepenuhnya didasarkan pada perkembangan ilmu pengetahuan. 
Hasil riset terbaru digunakan. Jurnal dan majalah profesi, adalah bacaan kesukaannya, karena selalu update. Yang beliau tidak suka adalah ketika lembaga pendidikan menjadi menara gading. 
Ilmu yang dikembangkannya, hanya jadi tumpukan tulisan yang tidak diimplementasikan sama sekali.
Demikian juga ilmu manajemen. Jarang ada yang menyangka bahwa sang maestro pernah betah duduk manis di sebuah lembaga pendidikan, saat usahanya tengah berkembang. Tentu saja untuk belajar lebih dalam soal manajemen. 

Pemilik hak cipta: Zainal Abidin Sidik

Pemilik hak cipta: Zainal Abidin Sidik
Lembaga itu, adalah Lembaga Pendidikan dan Pembinaan Manajemen (LPPM), di Menteng.
Oom dan Tante, dua atau tiga kali seminggu hadir mengikuti pelatihan manajemen di lembaga itu. Rutin selama beberapa bulan, tanpa pernah bolos. 
Salah satu teman yang ikut dalam kelas itu adalah bapak Anton Hilman, seorang pengajar bahasa Inggris di TVRI tempo dulu.
'Jay. Ilmu pengetahuan yang tidak dipraktekkan, cuma bikin sempit kapasitas otak.' Begitu suatu saat sang maestro pernah menyampaikan. Plak plak plak. Serasa ditabokin pakai sandal jepit bolak-balik, mengingat ilmu peternakan saya sampai saat ini belum digunakan ...
Sumber : https://c.uctalks.ucweb.com/detail/9d06dfeae7744955afedbed0933e981f?uc_param_str=dnvebichfrmintcpwidsudsvnwpflameefut&stat_entry=personal&comment_stat=1
loading...
Loading...


EmoticonEmoticon