Bob and Me : "Bob Sadino dan 4 Presiden"

Loading...
Tidak banyak orang di Indonesia yang memiliki kedekatan dengan 4 orang presiden RI sekaligus. Sang Maestro, Bob Sadino, adalah bagian dari yang sedikit itu. 
Dan uniknya, beliau bukanlah orang yang datang kepada mereka, tetapi sebaliknya. Para presiden itulah yang datang berkunjung.

Pemilik hak cipta: Zainal Abidin Sidik
1. Kunjungan yang legendaris dan tak terlupakan adalah kehadiran Presiden Soeharto ke kebun hidroponik yang dikelola sang maestro di Lebak Bulus, Jakarta Selatan. 
Adalah gubernur DKI kala itu, Tjokropranolo, yang memperkenalkan sosok petani nyentrik ini kepada sang presiden. Sosok pemimpin negara yang terkenal ketat dengan aturan protokoler, ternyata bisa menerima sang petani bercelana buntung. 
Padahal, sang petani itu sempat 'diusir' dari gedung DPR, karena ketika datang memenuhi undangan para wakil rakyat, beliau hanya mengenakan pakaian yang sama. 
Kekerasan hati seorang Bob Sadino, ditimpali dengan sikap penerimaan seorang pemimpin yang ingin belajar.
2. Hubungan persahabatan antara sang Maestro dan Prof. DR. Ing. BJ Habibie berlangsung cukup lama. 
Perkenalan keduanya terjadi di Eropa, saat keduanya masih berdiaspora, membangun pondasi kehidupan di sana. Hubungan keduanya terus berlanjut saat keduanya memutuskan untuk kembali ke Indonesia. 
Sejak itu, presiden BJ Habibie adalah pelanggan tetap Kemchicks di Kemang. Ketika sang Maestro dirawat di rumah sakit, beberapa kali pakar pesawat terbang kelas dunia ini datang menjenguk. Mereka berjumpa terakhir kali saat oom dalam keadaan koma. 
Pak Habibie juga hadir di malam hari, sesaat setelah jenazah sang Maestro tiba dari rumah sakit, untuk memberikan penghormatan terakhir.

Pemilik hak cipta: Zainal Abidin Sidik
3. Entah angin apa yang mengundang presiden perempuan pertama dan satu-satunya yang pernah dimiliki Indonesia, hadir 4 atau 5 kali ke kediaman sang Maestro yang belum selesai dibangun (saat itu) di Sentul. 
Yang pasti, ibu Mega dan sang maestro adalah sama-sama anak Menteng. Dalam beberapa foto yang dipublikasi, tampak jelas bahwa keduanya terlihat akrab dan tampil apa adanya. 
Sang Maestro tetap dengan pakaian kebesarannya yang minim bahan, sedangkan sang presiden mengenakan pakaian casual, bukan pakaian dinas.

Pemilik hak cipta: Zainal Abidin Sidik
4. Kunjungan presiden dalam rombongan besar, adalah kunjungan yang dilakukan oleh presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). 
Beliau berkunjung ke pabrik sosis milik sang maestro di kawasan Pulogadung, dengan disertai serombongan pejabat tinggi militer. Rombongan datang dengan menumpang satu bus berkapasitas 40 seat. 
Di photo session yang dirilis di berbagai surat kabar, tampak jelas para tamu mengenakan stelan safari yang necis, sedangkan tuan rumah tetap dengan pakaian khasnya, celana buntung berbahan jeans dan hem lengan pendek tanpa jahitan.

Sumber : https://c.uctalks.ucweb.com/detail/ce12320feb324cb5bc79454ee8b735da?uc_param_str=dnvebichfrmintcpwidsudsvnwpflameefut&stat_entry=personal&comment_stat=1
loading...
Loading...


EmoticonEmoticon