Bob and Me : "Investasi"

Loading...
Entah bagaimana caranya, seorang sales person ini (sebut saja begitu, karena saya tidak tahu persis jabatan yang disandangnya), bisa menjumpai sang Maestro dan ngobrol cukup lama. Tentu butuh trik tersendiri. 

Awal yang indah, walau akhirnya, sang tamu, perempuan, harus pergi dengan tangan kosong. Bukan cuma itu. Bisa jadi ia pergi dengan kebimbangan yang berkecamuk dalam pikirannya.
Ia datang sendiri. Penampilannya cukup menarik. Basa-basinya baik. Cuma begitu mulai masuk tahapan presentasi, sang Maestro langsung memotong.
'Oh. Jadi maksud datang ke sini mau presentasi ya? Usahanya apa?'
'Ya oom. Kami dari perusahaan komoditi berjangka. Bla bla bla ...'
Sang Maestro memperbaiki posisi duduknya. Duh, saya sudah mulai khawatir. Bakal terjadi pembantaian nih, pikir saya.
'Begini ya. Saya sudah kasih kesempatan anda bicara. Sekarang kasih saya kesempatan bicara. Jangan dipotong. Uang itu, yang paling aman kalau dipegang sendiri. 
Kalau sudah di tangan orang lain, sekalipun ada akte notaris, ada jaminan atau apapun bentuknya, sulit untuk menariknya kembali. 
Seperti orang mau berhutang. Saat minta, omongannya manis sekali. Saat ditagih, hanya janji saja yang dikasih. Itu hal pertama.'
'Kedua, kita baru kenal hari ini, tapi ujug-ujug langsung menawarkan program investasi. Kamu kira semudah itu, para pemilik dana bisa diyakinkan? Kecuali orang itu dapat uang dengan sangat gampang. 
Tapi kalau aku, yang jungkir-balik untuk dapat satu dua rupiah, pasti harus pikir panjang untuk menempatkan dana di tangan orang lain!' Nada bicara oom mulai agak tinggi. Saya berdehem.
'Ketiga. Sekarang posisinya kita balik saja. Kalau anda punya uang, dan saya yakin anda nggak punya, serahkan saya saja untuk saya kelola. 
Atau uang boss anda deh. Coba tawarkan. Anda dan boss anda sudah tahu keberadaan toko ini. Usianya lebih dari tiga puluh tahun. Track recordnya panjang. Mau?'
Suasana hening sejenak. Tak lama kemudian, sang sales person pamit pulang. Mohon maaf, kami tidak sempat berfoto bersama ...

Sumber : https://c.uctalks.ucweb.com/detail/6ce62d83dfa241339f6e06f8269137a5?uc_param_str=dnvebichfrmintcpwidsudsvnwpflameefut&stat_entry=personal&comment_stat=1
loading...
Loading...


EmoticonEmoticon