Bob and Me : "Lobster"

Loading...
Bencana Tsunami yang melanda Aceh dan Nias tahun 2005, menjadi sebab saya berulang-kali melakukan perjalanan ke beberapa wilayah di dua lokasi itu.  
Beberapa lembaga, meminta saya untuk memberikan beberapa pelatihan di bidang kompetensi yang saya tekuni.  

Terkait dengan bidang tugas saya di bidang pengembangan wirausaha SMK di Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan di Kementerian Pendidikan Nasional saat itu, saya memiliki pengalaman mengesankan di Lahewa, Nias.  Sebuah wilayah administratif Sumatera Utara, yang juga terdampak Tsunami.
Di saat senggang, yang biasa saya lakukan adalah eksplorasi wilayah.  Suatu saat, saya berjumpa dengan seorang guru SMK, yang pekerjaan sambilannya adalah menangkap dan menjual lobster.  
Beliau memiliki sebuah jermal (kolam di tengah laut), yang menampung aneka jenis lobster.  Perkenalan ini membawa saya menengok jermalnya, sekaligus makan malam dengan menu lobster plus sambal khas Lahewa di sebuah saung di atas jermal.  Amboooooi ...
Saat kami makan malam, beliau bercerita suka-duka sebagai guru, sekaligus nelayan.  Tentang beberapa muridnya yang 'diperbantukan' di jermal sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan sekolah. 

Dan yang lebih menyedihkan, lobsternya hanya dihargai Rp. 25.000 - Rp. 30.000 per kg oleh tengkulak.  Padahal, lobster di beberapa restoran seafood di Jakarta, masuk dalam kategori menu termahal, dengan banderol di atas Rp. 500.000,-
Saat di Jakarta, dan bertemu sang Maestro, saya bercerita pengalaman saya di Lahewa, terutama soal lobster.  Saya diminta mengontak, dan tak lama kemudian, lobster Lahewa sudah ada dalam display di Kemchicks dengan banderol Rp. 315.000,- per kg.  
Saya senang, karena pak guru sekaligus nelayan di Lahewa tadi, bisa menikmati harga 6-7 kali lipat dari harga yang diberikan tengkulak.
Lalu saya dapat apa?  He he ... 

Sumber : https://c.uctalks.ucweb.com/detail/43b75f25a4f8401d9bf7fe873106c13d?uc_param_str=dnvebichfrmintcpwidsudsvnwpflameefut&stat_entry=personal&comment_stat=1
loading...
Loading...


EmoticonEmoticon