Bob and Me : "Uang Bisnis"

Loading...
Satu pelajaran awal yang saya terima dari sang Maestro dalam hal bisnis adalah soal keuangan. Sejak awal pertemuan di Cafetaria Kemchicks, kami makan minum semaunya, sesuai selera. 

Tinggal order, dan pesanan pun siap dihidangkan di meja kami tanpa menunggu lama. Menu favorit saya, nasi goreng seafood atau welldone sirloin steak with BBQ sauce.
Dalam usia yang sudah cukup lanjut, saya melihat sang Maestro tidak terlalu banyak makan. Beda dengan saya yang sedang dalam masa pertumbuhan. Setiap kali kami bertemu, oom hanya minta piring kosong, untuk menampung dua tiga sendok menu nasi goreng, atau satu dua potong steak yang saya pesan.
Berulang-kali kami berbual-bual di tempat yang sama. Ujung-ujungnya selalu ditutup dengan keluarnya bill pembayaran di akhir pertemuan. Sesekali, kalau ada event tertentu, saya yang bayar. Tapi, seperti sudah anda duga, sang Maestro yang lebih sering mengeluarkan kartu kreditnya untuk membayar bill kami.
(Awalnya, sebagai newbie, saya bingung. Warung itu milik beliau. Kok beliau bayar juga. Ha ha ha ... Saya yakin, ini kebingungan para newbie pada umumnya)
'Ada uang kita. Ada uang bisnis. Nggak boleh dicampur. Nanti berantem,' sang Maestro menjelaskan dengan bahasa yang buat saya, sederhana dan mudah dimengerti. Saya tersenyum mendengarnya.
'Dalam uang bisnis, ada uangmu sebagai pengusaha. Ambil jatahmu. Sebutlah itu, gajimu. Itu yang boleh kamu gunakan untuk semua kebutuhanmu, termasuk membayar sesuatu, kalau kamu mengambil sesuatu dari bisnis. Kalau ada sisa, boleh digunakan untuk apa saja. Beli mobil, rumah atau lainnya. Kalau kurang, ya jadi hutang. Harus dibayar. Tapi kalau bisa, jangan sampai berhutang. Tunda dulu gairah konsumtif itu.'
'Sisa uang bisnis tadi, kalau ada, gunakan untuk mengembangkan bisnis. Itu yang bikin bisnismu membesar. Jangan sampai dagangan habis, duit juga habis ....'

Sumber : https://c.uctalks.ucweb.com/detail/485d957c54de4a3cb0c0189b8cb3fbe7?uc_param_str=dnvebichfrmintcpwidsudsvnwpflameefut&stat_entry=personal&comment_stat=1
loading...
Loading...


EmoticonEmoticon