Cerita Unik Dibalik Nama Populer Domino, Wendy's hingga Starbucks

Loading...
Nama Domino, Wendy's hingga Starbucks tak asing di telinga. Ada cerita unik saat pendiri restoran menciptakan nama yang 'catchy' dan sekarang jadi terkenal ini.

Pernah berpikir dari mana asal-usul nama Wendy's atau Starbucks? Penemuan nama ini ternyata memiliki cerita unik. 




Salah satunya Wendy's yang merupakan nama panggilan salah satu anak sang pendiri, Dave Thomas. Ini fakta-faktanya seperti dirangkum News.com.au (27/2):

Cerita Unik Dibalik Nama Populer Domino, Wendy's hingga StarbucksFoto: Istimewa

1. McDonald's
Siapa tak kenal resto fried chicken global ini? Nama McDonald's rupanya punya sejarah panjang. Tahun 1940, dua bersaudara Dick dan Mac McDonald membuat restoran kecil yang sukses di San Bernardino, California. Mereka lalu membuat konsep baru yang fokus pada menu hamburger, kentang goreng dan milkshake tahun 1948. Tahun 1954, mereka bekerja sama dengan Ray Kroc.

Sayangnya ada konflik antara dua bersaudara itu dan Kroc. Cerita berakhir dengan Kroc membeli restoran berikut namanya. Kroc lalu membangun sistem baru dan membuat restoran ini jadi global seperti sekarang.

2. Domino
Tahun 1960, dua bersaudara Jim dan Tom Monaghan membeli gerai pizza di Ypsilanto, Michigan. Nama gerai ini DomiNick's. Setelah drama dan kesuksesan yang meningkat, pemilik asli gerai pizza itu memutuskan mempertahankan hak atas nama gerainya.

Dengan batas waktu yang singkat, akhirnya Jim dan Tom mengubah nama gerai pizza. Ada rumor menyebut nama Domino's Pizza datang dari ide supir delivery mereka yang bernama Jim Kennedy.

Cerita Unik Dibalik Nama Populer Domino, Wendy's hingga StarbucksFoto: Istimewa

3. Subway
Resto sandwich populer ini didirikan tahun 1965. Sejarah berawal saat Fred DeLuca dan temannya, Peter Buck membuka Pete's Super Submarines di Milford, Connecticut. Mereka menargetkan punya 32 cabang dalam 10 tahun. Nama gerai sandwich ini lalu berubah jadi Pete's Subway beberapa tahun kemudian.

Namun tahun 1974, baru 16 lokasi Subway tersebar di seluruh AS. Karenanya sang pemilik menjalankan sistem waralaba agar target mereka terpenuhi. Nama resto lalu dibuat lebih simple yaitu Subway.

4. Starbucks
Cerita bagaimana Starbucks mendapatkan namanya berawal dari kata "st." Saat itu, pendiri Starbucks bernama Gordon Bowker sedang melakukan brainstroming bersama teman-temannya untuk menemukan nama yang tepat. Salah seorang pihak agensi lalu berpendapat kata dengan awalan "st" punya pengaruh kuat.

Bowker bersama temannya lalu melihat peta tua dan menemukan kota bernama Starbo. Nama ini langsung mengingatkan Bowker dengan karakter Moby Dick, Starbuck. Sejak saat inilah nama Starbucks mendunia.

Cerita Unik Dibalik Nama Populer Domino, Wendy's hingga StarbucksFoto: Wendy's International

5. Wendy's
Sejak masih remaja, pendiri Wendys, Dave Thomas sudah bercita-cita punya restoran. Dan setelah 20 tahun berada dalam bisnis restoran, ia membuka gerai Wendy's pertama di Columbus, Ohio pada tahun 1969.

Wendy merupakan nama panggilan salah seorang anak Dave, Melinda. Namun pemilihan nama Wendy juga dilakukan setelah Dave menguji coba satu per satu nama anaknya untuk restoran. Wendy akhirnya dianggap yang paling pas.

6. Chipotle
Nama resto Meksiko yang popouler di Amerika ini tercetus begitu saja. Diakui pendiri Chipotle, Steve Ells, nama Chipotle datang begitu saja di otaknya. Saat banyak temannya mengatakan nama Chipotle tidak jelas dan sulit diucapkan, Ells tak punya pikiran nama lain. Nama ini rupanya membawa rezeki karena hingga sekarang Chipotle sukses menjual tacos dan burrritos-nya.

Sumber : https://food.detik.com/info-kuliner/d-3888389/cerita-unik-dibalik-nama-populer-domino-wendys-hingga-starbucks?_ga=2.143912755.768157496.1519790890-1866322765.1506083692
loading...
Loading...


EmoticonEmoticon