Enaknya Gimana Ya?! Pro Kontra Bikin Bisnis Sendiri

Loading...
Apakah kamu bermimpi menjadi bos kamu sendiri? Apakah kamu muak diatur-atur oleh atasan kamu? 

Mungkin ini adalah waktunya untuk kamu memulai bisnis kamu sendiri dan jadi bos kamu sendiri! Tapi sebelum kamu kesenengan, nih MBDC kasih pro kontranya bikin bisnis sendiri? Siap?
Pro:

Kamu Adalah Bos Kamu Sendiri

Kamu lebih nyaman kerja di malam hari? Males tiba-tiba dapet kerjaan tambahan secara mendadak? Kamu pengen libur tiap hari Kamis dan Minggu, bukan Sabtu dan Minggu? Kalau kamu punya keinginan-keinginan seperti ini, ada untungnya kalau kamu segera membuka bisnis kamu sendiri.
Dengan mendirikan bisnis kamu sendiri, ya kamu bakal jadi bos dong, kan perusahaannya punya kamu sendiri. Gimana sik. Ck.

Job Desk Menantang

Atau mungkin kamu bosan dengan pekerjaan kamu yang gitu-gitu aja? Kayaknya tanggung jawab kamu di tempat kamu kerja tuh minimum dan kamu disepelekanoleh orang-orang di sekitar kamu? Kalau iya, coba deh mulai bisnis kamu sendiri.
Kalau kamu bikin bisnis kamu sendiri, maka tanggung jawab kamu sungguhlah besar karena berhasil atau tidaknya perusahaan kamu ya bergantung pada kualitas kerja kamu. Kalau kamu kerjanya bagus, mungkin perusahaan kamu akan berhasil; kalau kamu kerjanya ngasal, pasti perusahaan kamu hancur. Menantang bukan?

Kamu Bisa Lakukan Yang Beneran Kamu Suka

Yah, hari gini nyari kerja kan sulit. Bukan hal yang mustahil kalau kamu sebenernya gak suka-suka amat sama kerjaan kamu yang sekarang, tapi maksain karena gak ada pilihan lain.
Nah kalau kamu bikin bisnis kamu sendiri, maka kamu yang akan menentukan bisnis apa yang akan kamu lakukan. Tentu aja kamu bakal pilih bisnis yang kamu sukai dong. Ya gak sih. Iya lah.
Kontra:

Modal Awal

Hari gini sob, mau bikin duit ya musti dari duit juga. Gak ada bisnis yang gak butuh modal awal, terutama kalau kamu mau bikin perusahaan kamu sebagai perusahaan resmi yang terdaftar dan kena pajak. Harus dong. Sebagai warga negara yang baik kamu harus bayar pajak. Nanti Bapak dan Ibu pejabat makan apa kalau kamu gak bayar pajak woy. Salah-salah malah korupsi mereka. Gak mau kan bapak dan ibu pejabat korupsi?
Mulai dari merintis perusahaan itu butuh modal awal, jadi kalau kamu mau bikin bisnis kamu sendiri, kamu harus perhitungkan dulu hal ini.

Gak Ada Hari Libur

Misalnya nih, kamu kerja untuk orang lain, kalau hari libur ya kamu bisa liburan, gak perlu mikirin kerjaan kamu. Kamu bisa hidup dengan motto “what happens at the office, stays at the office”. Nah ini gak bisa terjadi kalau kamu bikin bisnis kamu sendiri.
Mau libur kek, mau tanggal merah kek, mau apa kek, kalau kamu ada kerjaan yang belum kelar, ya kerjaan kamu belum kelar. Banyak businessmen sukses yang gak ambil liburan dalam dua tahun pertama, dan banyak businessmen yang gagal karena keburu ngerasa sukses dan liburan mulu di tahap-tahap awal pembangunan bisnisnya.

Resikonya Gede

Kalau mau untung gede, resikonya juga pasti gede. Nah bikin perusahaan sendiri itu artinya kamu mempertaruhkan harta kamu. Sukur-sukur kalau jadi berlipat ganda, kalau sampe Emak Bapak kamu musti jual sawah buat nebus utang kan berabe.
Nah itu dia pro kontra bikin bisnis sendiri. Pada mau bikin bisnis apa nih?

Sumber : https://malesbanget.com/2014/09/enaknya-gimana-ya-pro-kontra-bikin-bisnis-sendiri/
loading...
Loading...


EmoticonEmoticon