Ini Syarat Menjadi Pemasok di Gerai Indomaret

Loading...
Sekarang ini keberadaan gerai-gerai minimarket telah menjamur di berbagai wilayah. Tidak hanya tersebar di pusat kota saja, tetapi di tiap kecamatan sekarang juga sudah ada. 

Tentu ini menjadi salah satu kesempatan bagus bagi produsen produk baik makanan maupun lainnya untuk memasarkannya melalui gerai minimarket seperti Indomaret atau Alfamart.



Apalagi bagi para pemilik produk-produk UMKM, memasarkan melalui minimarket seperti ini adalah salah satu cara tepat untuk mengembangkan usahanya.
Akan tetapi tidak semua pemilik usaha mengerti bagaimana cara memasarkannya melalui gerai minimarket. Misalnya saja ketika Anda ingin menjadi pemasok di Indomaret, tentu harus tahu dulu apa saja syarat-syaratnya agar produk bisa masuk di gerai minimarket ini.
Karena untuk bisa menjadi pemasok produk di gerai Indomaret, produk tersebut harus memiliki kualifikasi dan standarisasi yang sesuai dengan kebijakan pihak gerai minimarket itu sendiri.
Nah untuk menjadi pemasok di Indomaret sendiri, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Berikut ini detailnya.

Syarat Menjadi Pemasok Di Indomaret

A. Pemilihan produk dagangan

Pihak Indomaret sangat selektif dalam memilih produk yang bisa memasok gerainya. Untuk produk bisa berjenis Food maupun Non Food. Produk yang ingin ditawarkan juga harus sesuai dengan target market dari Indomaret itu sendiri.
Kemudian yang tak kalah penting adalah dari segi kemasan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu :
  • Kemasan Rapi. Ya, produk yang ingin diajukan ke Indomaret harus sudah memiliki kemasan yang rapi. Jadi kalau masih punya produk yang masih sekadar dibungkus plastik biasa tanpa standard kemasan, pasti tidak bisa.
  • Kemasan Higienis. Dalam penggunaan kemasan juga harus disesuaikan dengan produk yang dijual. Dan pastikan kemasannya higienis dan dapat melindungi produk dengan sempurna.
  • Kemasan Modern. Kemasan juga harus memiliki kualitas yang modern. Desainnya diperhatikan, bukan sekadar kemasan yang membungkus saja. Dari segi desain, warna, dan model juga perlu diperhatikan.
Itu beberapa kualifikasi dari produk agar bisa terpilih sebagai pemasok di Indomaret.

B. Syarat produk dagangan

Dari segi produk itu sendiri harus memiliki beberapa syarat agar bisa masuk ke Indomaret.
Yang pertama, Kualitas dan harga yang kompetitif. Produk harus memiliki kualitas yang bagus, baik ketika digunakan/konsumsi atau ketika disimpan lama tidak mudah rusak. Harganya pun juga harus kompetitif. Kita tahu Indomaret ini adalah minimarket yang konsumen adalah masyarakat yang lebih mencari kebutuhan sehari-hari.
Yang kedua, Keamanan bagi konsumen. Produk yang dijual juga harus aman untuk konsumen. Aman ketika digunakan maupun ketika dibawah/disimpan. Ada beberapa poin di sini yang perlu diperhatikan :
  • Tertera informasi produk dan distributor di kemasannya
  • Tertera informasi ukuran (gran/liter)
  • Telah di registrasikan ke Departemen Kesehatan atau dinas terkait (BPOM)
  • Terdapat informasi tanggal kadaluwarsa
  • Ada informasi Halal dari MUI (untuk makanan)
  • Ada informasi barcode, tujuannya untuk memudahkan pendataan stock dari pihak Indomaret.
Kalau produk Anda belum ada informasi di atas, lebih baik diurus dulu baru diajukan ke pihak Indomaret.

C. Syarat sebagai pemasok

Itu tadi syarat untuk produknya, sedangkan untuk pemasoknya sendiri adalah harus melakukan beberapa hal sebagai berikut :
  • Melengkapi atau mengisi formulir aplikasi produk dan pemasok, di sini https://indomaret.co.id/mitra/info-pemasok/formulir-penawaran-produk-online.html
  • Berkomitmen sebagai pemasok atas : Pemenuhan order, Jadwal pengiriman, dan Sistem pembayaran
  • Bersedia membuat usulan kerjasama promosi
  • Bersedia melakukan evaluasi penjualan produknya di Indomaret
Nah, itu beberapa syarat jika ingin menjadi pemasok di Indomaret. Bagi Anda yang punya produk-produk lokal atau UMKM, ini saatnya untuk melebarkan sayap dan memperkenalkan produk Anda melalui gerai minimarket ini. Tinggal diperbaiki dari segi kualitas, kemasan dan lainnya. Setelah itu baru buat aplikasi pengajuannya. Selamat mencoba!

Sumber : https://www.etalasebisnis.com/tips/3413/ini-syarat-menjadi-pemasok-di-gerai-indomaret.html
loading...
Loading...


EmoticonEmoticon