Inilah 8 Ciri Teman Yang Asik Diajak Berbisnis!

Loading...
Berbisnis itu keinginan yang dimiliki oleh setiap orang, khususnya generasi masa kini. Dalam kehidupan sehari-hari, kita selalu membutuhkan uang untuk berbagai macam hal. 
Dan untuk mendapatkan uang, langkah yang paling nyata adalah dengan berbisnis. 

Sudah banyak terbukti dari maraknya bisnis online shop yang didirikan anak muda zaman sekarang, ternyata dengan berbisnis, kamu bisa hidup mandiri, membahagiakan orang tua, dan sebagainya. Pasti tentunya kamu mau seperti itu, kan?
Tapi, supaya bisnismu lancar dan sesuai dengan rencana, kamu harus bisa milih-milih teman yang sekaligus bisa jadi rekan kerja kamu tentunya. Bingung cara mencari teman seperti ini? Yuk, simak! Ini dia tipe-tipe orang yang bisa kamu jadikan partner bisnis.

1. Orang Yang Tidak Mencari Perhatian


gambar1 - Inilah 8 Ciri Teman Yang Asik Diajak Berbisnis!
sumber : kaskus.co.id

Saat kamu mulai bisnis, kamu seharusnya memilih teman yang tidak membutuhkan perhatian khusus. Contohnya, ketika kamu sedang sibuk dengan planning bisnis, teman kamu yang satu ini malah sibuk memikirkan masalah pacarnya atau hal-hal lainnya yang tidak ada hubungannya dengan agenda. Hal yang seperti ini harus dihindari agar kamu dan teman bisnismu akan lebih fokus untuk melaksanakan rencana bisnis untuk mencapai hasil maksimal dibanding dengan mencari perhatian dari banyak pihak. Sadar atau tidak sadar, proses mencari perhatian justru mengalihkan fokus bisnismu ke masalah lain yang justru akan menghambat bisnis kamu.

2. Suka introspeksi diri


woman hand desk office - Inilah 8 Ciri Teman Yang Asik Diajak Berbisnis!
Sumber: pexels.com

Mungkin ketika bisnismu tengah berjalan, kamu menemui sebuah kenyataan yang pahit dan tidak sesuai dengan yang telah direncanakan. Tapi kamu tidak usah khawatir, proses bisnis memang penuh lika-liku. Siapa yang sanggup menjalani lika-liku itu, dialah yang berhasil. Nah, makanya carilah teman bisnis yang tidak mudah putus asa dan bersedia melakukan koreksi diri sendiri dengan introspeksi. Sehingga, ketika bisnismu mengalami kesulitan, temanmu justru semakin bersemangat untuk membangun bisnis bersama-sama. Dengan begitu, bisnismu akan semakin baik dan semakin dekat dengan kesuksesan.

3. Nyaman dengan kondisi yang ada


gambar8 - Inilah 8 Ciri Teman Yang Asik Diajak Berbisnis!
Sumber : hipwee.com

Banyak calon pebisnis gagal hanya karena mereka tidak yakin dengan harapan keberhasilan bisnis yang sedang mereka rintis. Sehingga, mereka kandas di tengah jalan dan hanya mendapatkan hasil yang merugi. Hal inilah yang seharusnya kamu tinggalkan jauh-jauh ketika kamu merintis sebuah bisnis. Kamu harus mencari teman yang bisa menerima keadaannya dan keadaanmu.
Orang tipe seperti ini biasanya mudah adaptasi dan bisa melihat sisi positif dari berbagai hal meski ada dalam kondisi sesulit apapun. Sehingga, tidak ada perselisihan antara kamu dan temanmu ketika merintis bisnis. Hubungan yang terjalin baik ini, akan membuat bisnis yang kamu rintis menjadi semakin nyata untuk memperoleh kesuksesan dimasa mendatang.

4. Tidak suka melebih-lebihkan


gambar3 - Inilah 8 Ciri Teman Yang Asik Diajak Berbisnis!
sumber : kaskus.co.id

Berbicaralah jujur walau itu pahit. Mungkin itulah salah satu wejangan yang harus kamu perhatikan ketika mencari teman berbisnis. Karena, kondisi bisnis yang mulai mengalami penurunan atau peningkatan, harus kamu ketahui untuk menentukan langkah ke depannya. Ketika temanmu melebih-lebihkan atau tidak jujur memberitahu kondisi bisnismu, kamu akan salah dalam menentukan kebijakan bisnismu. Dan kesalahan itu bisa berdampak fatal pada ketahanan bisnis yang sedang kamu kembangkan.

5. Tidak “berkulit tipis”


gambar4 - Inilah 8 Ciri Teman Yang Asik Diajak Berbisnis!
sumber : kaskus.co.id

Perbincangan serius dalam berbisnis memang penting. Namun, tidak selamanya perbincangan dengan teman bisnismu selalu serius. Ada kalanya kamu harus berbincang hanya sekedar lawakan atau bahan guyonan. Hal itu dimaksudkan untuk mencairkan suasana agar tidak berlangsung panas terus. Untuk itu, carilah teman bisnis yang mudah diajak guyonan. Selain bisa mencairkan suasana, teman yang mudah diajak guyonan cenderung tidak mudah tersinggung apabila ada sesuatu yang mengganjal atau tidak sengaja ketika berbisnis dan mereka tentu bisa memisahkan antara lawakan dan bisnis.

6. Tidak terlalu rendah hati


gambar5 - Inilah 8 Ciri Teman Yang Asik Diajak Berbisnis!
sumber : kaskus.co.id


Memang sikap rendah hati memang bagus, karena bisa menjauhkan dari kesombongan. Tapi jangan sampai berlebihan dan justru menciptakan pesimis dalam berbisnis. Memilih teman bisnis juga begitu, kamu harus memastikan bahwa teman bisnismu memiliki sikap rendah hati tapi tidak berlebihan. Sehingga, kamu bisa menjalankan bisnismu dengan optimis, percaya diri, dan selalu menerima koreksi untuk menjadi lebih baik.

7. Konsisten


consistency2 - Inilah 8 Ciri Teman Yang Asik Diajak Berbisnis!
Sumber : digitalspot.com.au


Hal yang paling penting untuk memilih teman bisnis adalah sikap konsisten. Dalam membangun bisnis, kamu harus dapat meyakinkan bahwa teman bisnismu selalu konsisten baik dari segi ucapan maupun perbuatan. Sehingga, ketika bisnis berlangsung, temanmu tidak akan lari atau kabur dan malah merugikan bisnismu. Kalau teman kamu tidak konsisten kamu bisa mengalami kerugian hanya karena teman bisnisnya yang kabur dan tidak konsisten dalam pekerjaannya dan juga sikapnya.  Jadi, carilah teman dan partner bisnis yang konsisten!

8. Melakukan apa yang telah dikatakan


gambar7 - Inilah 8 Ciri Teman Yang Asik Diajak Berbisnis!
sumber : kaskus.co.id


Menasihati itu mudah tapi sebelum memberi nasihat tentunya harus mempraktekan hal-hal yang dinasihati ke orang lain sebagai contoh. Jadi, untuk mencari teman bisnis, kamu harus mencari teman yang bisa menasihati dan melaksanakan apa yang ia katakan. Sebaliknya, temanmu juga harus bisa menerima nasihat. Sehingga, kamu akan semakin bersemangat dan bangkit untuk membangun bisnis yang semakin maju.

Nah, bagaimana guys? Apakah kamu berminat atau bahkan sudah siap memulai bisnis kamu?

Sumber : https://www.selipan.com/tips/inilah-8-ciri-teman-asik-diajak-berbisnis/
loading...
Loading...


EmoticonEmoticon