Biola Japrak, Biola 'Made in Kulonprogo' yang Sukses Tembus Pasar Eropa

Loading...
Japrak (48) atau bernama asli Joko Kuncoro warga Gerbosari, Samigaluh, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta membuat biola selama bertahun-tahun. Meski dibuat di tempat sederhana dan jauh dari kota, biolanya diminati konsumen mancanegara.

Bahkan mereka datang langsung ke rumah Japrak membeli Biola karyanya. Menurut Japrak, ia tak pernah mengiklankan di internet atau lainnya. Konsumen dari mancanegara tahu karyanya dari gethok tular atau informasi dari teman-temanya.
“Kebanyakan orang-orang luar yang datang ke sini, ada dari Italia, Timur Tengah, Ukraina, Rusia. Mereka datang ke sini, bertemu saya untuk beli, jadi kita nggak kirim,” kata Japrak di ‘bengkel’ pembuatan biola miliknya di Jetis, Kulon Progo, DIY.
Usaha memproduksi biola ini dimulai Japrak hanya bermodalkan nekat.
"Saya tidak pernah belajar membuat biola. Tetapi sebelumnya saya menggeluti usaha di bidang handycarft di Jepara, karena bom Bali 2002 usaha saya habis," ujar Japrak.
Selepas usahanya bangkrut, Japrak tinggal di Samigaluh yang merupakan daerah dimana istrinya berasal. Di daerah inilah Japrak memulai usaha dengan kamampuannya di bidang perkayuan.
"Awalnya saya membuat gitar, tetapi karena tantangannya kurang saya mencoba membuat biola," cerita Japrak.
Biola yang diproduksi Japrak, semuanya dikerjakan menggunakan tangan (handmade). Proses pembuatan biola ini dimulai dari pemilihan kayu yang kemudian digambar pola biola yang diinginkan.
Semua Biola dibuat berdasar pesanan, dan tidak ada yang dijual di toko-toko. Saat menerima banyak pesanan, ia dibantu warga sekitar 10 orang warga sekitar rumahnya.
Setelah jadi, Japrak membanderol biolanya mulai dari Rp 850.000 hingga jutaan rupiah. Menurut Japrak tidak ada patokan pasti untuk harga, karena semua berdasar pesanan. 
Japrak menambahkan, pernah menangani pesanan biola yang dilengkapi emas. Nah, untuk membuat biola ini ia sempat berpuasa. 
"Ada yang minta ditanam emas di dalam Biola untuk kebutuhan konser. Emasnya yang jadi mahal. Kalau orang Jawa bilang semacam ditanam energi," tutur Japrak. (inf)

Sumber : https://www.smartbisnis.co.id/content/read/belajar-bisnis/inspirasi-bisnis/biola-japrak-biola-made-in-kulonprogo-yang-sukses-tembus-pasar-eropa
loading...
Loading...


EmoticonEmoticon