Dapat Dukungan Kampus, Jaeysen Sukses Berbisnis Sepatu

Loading...
Seorang mahasiswa kini dituntut untuk kreatif agar bisa hidup mandiri dan tidak hanya mengandalkan uang dari orang tua saja. Masa-masa saat berkuliah ini malah bisa menjadi waktu yang tepat bagi para mahasiswa untuk memulai sebuah bisnis. 
Bisa dikatakan bahwa bisnis bagi mahasiswa bukan sekedar bisnis sampingan untuk menambah uang saku saja, namun juga sebagai modal pengalaman setelah lulus kuliah juga.

Membuat bisnis untuk para pemula bukanlah hal yang mudah, tapi bukan berarti tidak mungkin, termasuk bagi mahasiswa seperti Jaeysen Canily. Tiga tahun lalu, Jaeysen Canily adalah mahasiswa baru yang tidak punya pengalaman berbisnis. 
Beruntung, lingkungan kuliah, mulai teman-teman dan dosennya berjiwa sekaligus memiliki pemikiran bisnis sehingga dapat membantunya merintis bisnis yang ia inginkan, yaitu sepatu kulit. Mahasiswa jurusan kewirausahaan angkatan 2015 itu mengaku, sebelum kuliah dirinya tak punya pengalaman sama sekali di bidang industri sepatu atau fashion. 
“Modal saya untuk memulai bisnis ini hanyalah konsep di kepala saya dan kemauan untuk merealisasikannya," ujar Jaeysen, Sabtu (17/3/2018).
Bahan-bahan dan keperluan untuk membuat sepatu sesuai keinginannya seperti sol dalam, sol luar, kulit luar dan kulit dalam dicari dengan cara mendatangi banyak toko. Tujuannya supaya menemukan kualitas terbaik. 
Tak hanya itu, tantangan pun muncul saat mencari mitra dan supplier yang tepat agar bisa memproduksi sepatunya dalam skala besar, termasuk soal mengutamakan kualitas bagus.  Semua itu ia tekuni sejak 2016 dan akhirnya sepatu kulit berkualitas tinggi dengan model klasik bisa diluncurkan dengan sistem pre-order pada 2-14 Juni 2017. Sepatu itu diberi label Cadmus.
Bagi Jaeysen, semua itu tak lepas dari kurikulum pendidikan tinggi di kampusnya yang amat mendukung iklim kewirausahaan serta para dosen yang rutin membimbing. Dia sendiri mau tak mau mengasah dirinya menjadi wirausahawan. 
"Paling membantu banget saya diajari cara membuat proposal dan presentasi untuk investor. Misalnya, mereka butuh apa dan fokus (investasi) ke mana," katanya. 
Dengan kemajuan bisnisnya, brand Cadmus buatan mahasiswa Podomoro University ini menjadi salah satu bisnis yang lolos Expo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) di Pontianak, Kalimantan pada 22-25 November 2017 lalu. Secara keseluruhan, expo KMI yang diselenggarakan Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek dikti) itu bertujuan memperkenalkan bisnis buatan para mahasiswa dengan menghadirkan sebanyak 100 bisnis dari berbagai perguruan tinggi. 
Tiga di antaranya berasal dari Podomoro University, termasuk bisnis sepatu brand Cadmus buatan Jaeysen. Lebih dari itu, ketika expo, Jaeysen pun berhasil menggaet investor. (inf)

Sumber : https://www.smartbisnis.co.id/content/read/belajar-bisnis/inspirasi-bisnis/dapat-dukungan-kampus-jaeysen-sukses-berbisnis-sepatu
loading...
Loading...


EmoticonEmoticon